YPA-MDR Bangun Gedung Baru SDN Ciren

19 Januari 2018 13:55 WIB Rheisnayu Cyntara Bantul Share :

Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) mulai membangun gedung baru SDN Ciren, Desa Trihajo, Kecamatan Pandak Bantul

Harianjogja.com, BANTUL- Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) mulai membangun gedung baru SDN Ciren, Desa Trihajo, Kecamatan Pandak dengan prosesi peletakan batu pertama, Kamis (18/1/2018). Pembangunan gedung baru ini ditargetkan akan rampung 10 bulan mendatang.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan gedung baru yang bakal dibangun tersebut mempunyai luas bangunan sekitar 1.510 meter persegi.

Itu meliputi tiga ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang tata usaha, ruang komputer, ruang UKS, aula, mushola, kantin, plaza belajar, dan toilet. Herawati juga menyebut sarana dan prasarana yang akan dibangun telah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum Pendidikan.

“Kami mengajak masyarakat dan aparat desa untuk dapat turut menjaga dan mengawasi proses pembangunan sekolah dengan baik sehingga target waktu pembangunan sesuai dengan yang direncanakan. Yaitu 10 bulan mendatang,” katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (19/1/2018).

Lebih lanjut, Herawati menuturkan pembangunan fasilitas sekolah ini menjadi salah satu peran aktif YPA-MDR dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Menurutnya sejak 2006 hingga kini, YPA-MDR telah memberikan donasi kurang lebih sebesar Rp200 miliar dengan membina 67 sekolah negeri, 905 guru dan 16.058 siswa.

Rinciannya, 54 SD, sembilan SMP dan empat SMK di Bogor, Gunungkidul, Bantul, Lampung Selatan, Pacitan, Kutai Barat, Kupang, dan Serang. Sementara khusus di Kabupaten Bantul, sejak 2008, YPA-MDR telah membina merintis dan membina SDN Ciren, SDN  Jigudan, SDN Gunturan, SMPN 4 Pandak dan SMKN 1 Pandak.

Tak hanya berbentuk pembangunan fisik, Herawati menyebut pembinaan yang dilakukan oleh YPA-MDR juga meliputi pengembangan sumber daya manusia, kurikulum dan manajemen sekolah, dan serta penyediaan sarana prasarana sekolah sesuai Standar Mutu Pendidikan Nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Harapan kami semoga para generasi muda ini menjadi mandiri dan mampu membangun daerahnya,” ujarnya.

Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengapresiasi YPA-MDR atas peran aktifnya memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas masyarakat Indonesia, khususnya di bidang pendidikan. “Tentu ini memberi nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia,” tuturnya.