Ojek Wisata Kulonprogo Perlu Satgas Kebersihan, Gaji Rp1,3 Juta

20 Januari 2018 12:20 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Pemerintah Kabupaten Kulonprogo tidak segan-segan nantinya akan membuka lowongan pekerjaan untuk adanya Satuan Petugas (Satgas) Kebersihan

Harianjogja.com, KULONPROGO- Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menyatakan, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo tidak segan-segan nantinya akan membuka lowongan pekerjaan untuk adanya Satuan Petugas (Satgas) Kebersihan di objek wisata (obwis), terutama di kawasan desa wisata.

Menurut dia, nantinya tugas satgas ini akan mengecek titik-titik yang ada di obwis tempat mereka bekerja, apakah masih ada sampah yang berserakan atau tidak. Kondisi kebersihan obwis akan menjadi tanggung jawab mereka.

Hal itu ia nyatakan mengingat persoalan di obwis saat ini adalah soal masih minimnya kesadaran menjaga kebersihan, baik di kalangan wisatawan dan pengelola obwis.

Padahal kebersihan adalah komponen terpenting yang harus dimiliki sebuah obwis, agar dapat bertahan apik dan tetap diminati wisatawan.

"Digaji sesuai upah minimum regional sekitar Rp1,3 juta per bulan tidak apa-apa, tapi mereka harus bertanggungjawab betul dengan kebersihan obwis," kata dia, Jumat (19/1/2018).

Ia mendukung penuh adanya pengembangan desa wisata di Kulonprogo. Bahkan Pemkab akan membantu mencarikan sumber pendanaan yang bisa menyokong bantuan anggaran mengembangan pariwisata.

Hanya saja, pengembangan itu juga perlu diikuti dengan usaha yang mudah dan murah namun hasilnya terlihat jelas, yaitu menjaga kebersihan.