Advertisement

Perbaikan Jalan Pleret-Piyungan Harus Segera Dilakukan

Salsabila Annisa Azmi
Selasa, 23 Januari 2018 - 18:55 WIB
Kusnul Isti Qomah
Perbaikan Jalan Pleret-Piyungan Harus Segera Dilakukan

Advertisement

Jalur tersebut menjadi pemecah kepadatan Jalan Wonosari

Harianjogja.com, BANTUL-Talut sungai yang menopang Jalan Sampakan Wukirsari, Bantul ambles. Perbaikan harus dilakukan segera sehingga bisa kembali digunakan oleh warga.

Advertisement

Anggota Komisi A DPRD Bantul Amir Syarifudin mengatakan, perbaikan jalan harus segera dilaksanakan Pemkda DIY karena jalan tersebut cukup sangat vital bagi warga. Dia mengatakan, selain menjadi jalur pemecah kepadatan Jalan Wonosari, jalan yang ambles merupakan jalur menuju kawasan ekonomis dan kawasan pendidikan.

"Di sini banyak pabrik, ada ribuan karyawan. Ada banyak pesantren juga. Apalagi ini jalur menuju TPA Piyungan. Kami harap secepatnya Provinsi membenahi jalan ini," ujar Amir, Selasa (23/1/2018).

Pengawas Jalan dari Bina Marga, DPU ESDM DIY Wagiman mengatakan, kisaran anggaran untuk perbaikan jalan sudah diperhitungkan. Diperkirakan perbaikan akan menghabiskan dana ratusan juta. Perbaikan tersebut meliputi pembangunan talut, tanah urug, agregat, dan pengaspalan ulang. Dana tersebut sudah diusulkan ke BPBD DIY sebagai dana penanggulangan bencana.

http://m.harianjogja.com/?p=887452">Baca juga : Terkena Erosi, Jalan Penghubung Pleret dan Piyungan Ambles

"Sementara ini kita tangani dengan pemasangan rambu-rambu dari Sampakan hingga Jembatan Ngablak. Ada lampu penerang juga di tiga titik. Kemudian talut ambles akan kami pasang terpal," ujar Wagiman.

Wagiman mengatakan, kondisi jalan saat ini sangat berbahaya. Adanya kendaraan dengan muatan berat dapat mengakibatkan rekahan jalan semakin bertambah. Oleh karena itu, diberlakukan jalan satu arah dan rambu larangan roda empat melintas. Dia mengatakan, ada kemungkinan akses jalan ditutup total untuk menghindari bahaya dan untuk proses perbaikan. "[Perbaikan] kita tunggu dulu dari BPBD, harapannya secepatnya," kata Wagiman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement