Rusunawa Karangrejek Mulai Diminati

27 Januari 2018 06:20 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Dari 196 unit yang disediakan hampir separuh yang telah disewa

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Karangrejek, Wonosari, mulai banyak peminat untuk menyewa.

Kepala Seksi Rusunawa Bidang Perumahan, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul Nurgiyanto mengatakan, dari 196 unit yang disediakan hampir separuh yang telah disewa. "Sudah 89 yang memegang kunci. Sisanya sudah ada yang mulai daftar juga, tetapi masih melengkapi persyaratan. Semisal ada yang baru tapi lebih dahulu lengkap persyaratannya ya kita verifikasi dahulu," ujarnya Jumat (26/1).

Menurutnya, saat ini sudah semakin banyak masyarakat yang menanyakan, karena lingkungan Rusunawa sudah mulai ramai. Tidak seperti dulu yang sepi. Rencananya akan ada penambahan fasilitas sarana lapangan olahraga dan juga Ruang Terbuka Hijau (RTH). Untuk fasilitas kamar menurutnya standar.

Harga yang dipatok Rusunawa Karangrejek juga bervariasi. Untuk lantai satu, khusus difabel dikenakan biaya Rp76.000/bulan. Lantai dua Rp175.000/bulan, lantai tiga Rp150.000/bulan, lantai empat Rp125.000/bulan, Lantai lima Rp100.000/bulan. Rusunawa yang menelan anggaran Rp26 miliar tersebut memang ditargetkan untuk masyarakat kurang mampu. "Tempat tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan satu keluarga kecil," papar dia.

Salah satu warga penghuni Rusunawa tersebut Suharyanto mengatakan, tertarik tinggal di sana karena cukup murah. "Murah hitungannya, cukup luas juga. Tinggal menambah biaya listrik dan air tergantung kita pakainya," ujarnya.

Dia juga menilai jika hanya dihuni untuk sendiri atau sekeluarga berisi tiga atau empat orang masih nyaman. "Kalau ditempati sekeluarga anaknya masih kecil satu atau dua masih nyaman mungkin. Kebersihan halaman juga ada yang mengurusi," katanya.