Arsitek Didorong Lebih Beradab dan Sadar Lingkungan

30 Januari 2018 07:40 WIB Sunartono Sleman Share :

Pameran dan seminar tentang arsitektur digelar di UII.

Harianjogja.com, SLEMAN-- Sebuah pameran sekaligus seminar tentang arsitektur digelar di Gedung Perpustakaan, Universitas Islam Indonesia (UII) Sejak Sabtu (27/1/2018) hingga Rabu (31/1/2018) besok. Pameran itu sebagai salah satu edukasi bagi calon arsitek maupun arsitek profesional untuk mengedepankan keadaban dalam melaksanakan tugas profesinya.

Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DIY Ahmad Saifudin Mutaqi menjelaskan pembangunan merupakan tanggung jawab bersama sebagai penyedia jasa konsultasi. Arsitek, urban designer dan landscape designer sebagai penyedia jasa
konsultasi adalah profesi mulia dan diharapkan mampu memiliki peran yang signifikan dalam pembangunan. Oleh karena itu harus tetap menjaga martabat profesi, sehingga mampuĀ  memberikan manfaat yang besar bagi kemaslahatan masyarakat.

"Hal ini merupakan upaya berkelanjutan yang harus kita wujudkan bersama menuju Indonesia yang lebih baik di masa depan. Sehingga perlu memperhatikan lingkungan setiap perencanaan," terangnya dalam rilis kepada Harianjogja.com, Senin (28/1/2018)

Dalam rangkaian pameran itu, lanjut dia, dihelat pula seminar dengan tema Profesi Arsitek dalam Keadaban Arsitektur. Seminar itu membawa pesan penting bagi para penyedia jasa konsultasi untuk bersama berjuang dalam mengusahakan Indonesia dan dunia yang lebih baik melalui pemahaman tentang lingkungan hidup sebagai konteks perancangan di lingkungan terbangun. "Hasil karya terpilih, dipamerkan ini menjadi bagian dari upaya berkelanjutan dalam ranah profesi arsitek yang harus kita wujudkan bersama menuju Indonesia yang lebih baik," kata dia.

Rangkaian pameran itu bertajuk Sustainability in Architecture yang diselenggarakan pada tanggal 27 hingga 31 Januari 2018 di Gedung Perpustakaan Kampus Terpadu UII. Selain IAI, kegiatan itu digelar bersama Prodi Pendidikan Profesi Arsitektur UII dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI). Lebih dari 50 arsitek berperan serta dalam proses diseminasi ide dan hasil karya terkait isu arsitektur berkelanjutan.

Rektor UII Nandang Sutrisno mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan tersebut. Kegiatan itu sekaligus bisa menjadi pembelajaran mahasiswa arsitektur tidam hanya dari UII namun juga kampus lain, sehingga mereka dapat menghasilkan karya bermanfaat bagi masyarakat. (*)