Ratusan Agen Pangan Gunungkidul Siap Sukseskan BPNT

04 Februari 2018 15:20 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Sudah ada sekitar 300 agen pangan yang siap

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pelaksanaan program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) di Gunungkidul belum ada kejelasan hingga sekarang. Namun, sudah ada sekitar 300 agen pangan yang siap menyukseskan program tersebut.

Kepala Sub Bagian Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Bagian Kesra, Setda Gunungkidul Suyono mengatakan, pelaksanaan BPNT masih harus menunggu instruksi dari kementerian sosial. Hanya saja, lanjut dia, Pemkab Gunungkidul sudah mulai melakukan persiapan, salah satunya dengan menyiapkan agen pangan yang digunakan untuk penukaran komoditas dari bantuan.

“Sambil menunggu putusan dari pusat, kami mulai melakukan berbagai persiapan mulai dari agen untuk penukaran komoditas pangan hingga validasi terhadap data calon penerima manfaat,” kata Suyono kepada wartawan, Sabtu (4/2/2018).

Menurut dia, hingga saat ini sudah ada 300 calon agen pangan yang siap menjadi lokasi penukaran bantuan. Meski demikian, pemkab tidak bisa memberikan keputusan karena kewenangan tersebut berada di Bank Mandiri selaku bank yang menangani program BPNT.

“Semua masih sebatas usulan. Untuk kepastian, pihak bank akan melakukan verifikasi apakah agen tersebut bisa menyalurkan bantuan atau tidak. Jadi kepastian untuk agen pangan berada di Bank Mandiri,” ungkapnya.

Suyono menjelaskan, proses verifikasi dibutuhkan untuk mengetahui kelayakan calon agen dalam menyalurkan bantuan. “Dalam penyaluran bantuan akan dilengkapi dengan mesin EDC, jadi segala fasilitas pendukung harus dipersiapkan sebelum program dijalankan,” imbuhnya.