Advertisement

Ratusan Agen Pangan Gunungkidul Siap Sukseskan BPNT

David Kurniawan
Minggu, 04 Februari 2018 - 15:20 WIB
Kusnul Isti Qomah
Ratusan Agen Pangan Gunungkidul Siap Sukseskan BPNT

Advertisement

Sudah ada sekitar 300 agen pangan yang siap

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pelaksanaan program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) di Gunungkidul belum ada kejelasan hingga sekarang. Namun, sudah ada sekitar 300 agen pangan yang siap menyukseskan program tersebut.

Advertisement

Kepala Sub Bagian Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Bagian Kesra, Setda Gunungkidul Suyono mengatakan, pelaksanaan BPNT masih harus menunggu instruksi dari kementerian sosial. Hanya saja, lanjut dia, Pemkab Gunungkidul sudah mulai melakukan persiapan, salah satunya dengan menyiapkan agen pangan yang digunakan untuk penukaran komoditas dari bantuan.

“Sambil menunggu putusan dari pusat, kami mulai melakukan berbagai persiapan mulai dari agen untuk penukaran komoditas pangan hingga validasi terhadap data calon penerima manfaat,” kata Suyono kepada wartawan, Sabtu (4/2/2018).

Menurut dia, hingga saat ini sudah ada 300 calon agen pangan yang siap menjadi lokasi penukaran bantuan. Meski demikian, pemkab tidak bisa memberikan keputusan karena kewenangan tersebut berada di Bank Mandiri selaku bank yang menangani program BPNT.

“Semua masih sebatas usulan. Untuk kepastian, pihak bank akan melakukan verifikasi apakah agen tersebut bisa menyalurkan bantuan atau tidak. Jadi kepastian untuk agen pangan berada di Bank Mandiri,” ungkapnya.

Suyono menjelaskan, proses verifikasi dibutuhkan untuk mengetahui kelayakan calon agen dalam menyalurkan bantuan. “Dalam penyaluran bantuan akan dilengkapi dengan mesin EDC, jadi segala fasilitas pendukung harus dipersiapkan sebelum program dijalankan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement