Advertisement

WISATA KULONPROGO : Ayo ke Pasar Sor So, Ada Kuliner dan Kerajinan Khas Karangsari

Beny Prasetya
Minggu, 04 Februari 2018 - 06:20 WIB
Nina Atmasari
WISATA KULONPROGO : Ayo ke Pasar Sor So, Ada Kuliner dan Kerajinan Khas Karangsari

Advertisement

Segenap elemen masyarakat Karangsari akan menyelenggarakan Pasar Sor So

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Segenap elemen masyarakat Karangsari akan menyelenggarakan Pasar Sor So, Minggu (4/2/2018). Terletak di Objek Wisata Goa Batu Jonggol, Pasar Sor So akan memeriahkan wisata berbasis kekayaan alam itu.

Advertisement

Menurut Seretaris Desa Karangsari, Ari Wibowo, Pasar Sor So akan menghadirkan makanan dan kerajinan tangan khas Desa Karangsari sebagai pelengkap wisata.

"Cocok untuk masyarakat perkotaan, karena ada produk desa seperti emping melinjo, emping garut, emping gadung, peyek, criping bonggol pisang, dan semuanya produk asli Karangsari," ungkapnya, Sabtu (3/2/2018).

Tak lupa, Ari juga menambahkan bahwa makanan khas Kulonprogo dan DIY juga dijajakan. Seperti gebleg, growol, dan tempe benguk siap dihidangkan masyarakat Karangsari.

"Karena Konsepnya adalah pasar rakyat tradisonal yang menampilkan Produk UMKM Desa Karangsari," jelasnya.

Menurut Ari, Hal ini seharusnya dapat diberikan fasilitas lebih oleh Pemerintah Kabupaten Kulonprogo. Pasalnya kegiatan ini seiring dengan jargon Bela-Beli Kulonprogo yang sedang digaungkan Pemkab Kulonprogo.

"Ini sudah ketigakalinya, dan seluruh kelengkapan murni dari Pemerintah Desa Karangsari, BUMdes Binangun Karangsarim Pokdarwis [Kelompok Sadar Wisata], dan Karang Taruna Bhakti Nusa Gunung Pentul," jelasnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pariwisata Kulonprogo, Roehadi Goenoeng, mengatakan hal ini senada dengan jargon Bela-beli Kulonprogo. Terlebih dalam sepuluh tahun mendatang, wisata dengan ciri khas seperti ini yang akan bertahan.

"Branding sebuah tempat wisata itu perlu. Dan untuk potensi makanan atau kuliner belum tersentuh, jadi ini sebuah upaya yang bagus," jelasnya melalui sambungan telepon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement