Advertisement

Luapan Air Selokan Genangi Sejumlah Rumah di Maguwoharjo

Senin, 05 Februari 2018 - 07:20 WIB
Kusnul Isti Qomah
Luapan Air Selokan Genangi Sejumlah Rumah di Maguwoharjo

Advertisement

Saat hujan deras, selokan pasti meluap

Harianjogja.com, SLEMAN—Tidak berfungsinya selokan jalan nasional akibat pendangkalan membuat sejumlah rumah di Dusun Karangploso, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok tergenang saat hujan tiba.

Advertisement

Kepala Dusun Karangploso Purwanto mengatakan, setiap hujan deras terdapat sejumlah rumah, pasar, dan masjid yang tergenang. Genangan tersebut berasal dari air selokan Jalan Nasional Jogja-Solo yang meluap. “Selokan sudah tidak berfungsi karena pendangkalan. Setiap hujan deras pasti meluap. Kemarin saja genangan air di masjid sampai setinggi lutut,” kata dia saat ditemui Harianjogja.com di rumahnya, Minggu (4/2/2018).

Genangan air tersebut selalu terjadi selama kurang lebih dua tahun terakhir saat hujan deras. Dari lima rukun tetangga (RT) yang ada di dusunnya, dua RT di antaranya selalu terdampak genangan paling parah yakni RT I dan RT III.

Hal itu pun selalu dikeluhkan warga setiap rapat RT, sehingga sejumlah upaya seperti permohonan proposal untuk perbaikan selokan diajukan ke sejumlah instansi. “Baru kemarin, sekitar November 2017 dari provinsi [Pemda DIY] survei ke sini [Karangploso]. Katanya akan segera dibenahi [selokan],” ujarnya.

Setelah survei tersebut Pemda DIY berjanji akan melakukan perbaikan selokan yang selama ini tidak berfungsi yakni sekitar 2.000 m di sepanjang Jalan Jogja-Solo. Berdasarkan komunikasi dengan warga, perbaikan bakal dilakukan sekitar Maret atau April 2018.

Purwanto berharap janji pemerintah untuk segera memperbaiki selokan dapat segera terealisasi. Pasalnya, sudah banyak warga yang resah lantaran setiap hujan lebat rumah miliknya selalu tergenang. “Semoga menjadi perhatian pemerintah, karena warga juga sudah banyak yang mengeluh karena sering tergenang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement