Advertisement

Buah Naga Bantul Lesu Digempur Buah Luar Daerah

Rheisnayu Cyntara
Rabu, 07 Februari 2018 - 20:55 WIB
Nina Atmasari
Buah Naga Bantul Lesu Digempur Buah Luar Daerah

Advertisement

Masuknya buah naga dari luar wilayah DIY, terutama dari Jawa Timur membuat pasar buah naga lokal lesu

Harianjogja.com, BANTUL—Masuknya buah naga dari luar wilayah DIY, terutama dari Jawa Timur membuat pasar buah naga lokal lesu. Padahal menjelang tahun Imlek yang dirayakan oleh warga Tionghoa, permintaan akan buah yang kerapkali menjadi hiasan altar pemujaan dewa ini biasanya meningkat drastis.

Advertisement

Salah satu petani buah naga di Pantai Pandansari, Kecamatan Sanden, Bangkit Sunandar mengatakan sejak dua tahun lalu ia tidak lagi menjual hasil panennya ke luar daerah. Bahkan menurutnya pasaran di wilayah DIY sendiri tidak lagi menerima pasokan darinya.

Hal ini lantaran pasaran buah naga kini dipenuhi pasokan dari daerah Jawa Timur, terutama Banyuwangi.  Bangkit menyebut buah naga asal Banyuwangi itu mulai masuk sejak tiga tahun terakhir. Pedagang buah memilih buah naga kiriman dari luar daerah itu lantaran harganya yang lebih murah. "Mungkin karena produksi mereka lebih banyak. Setornya banyak, harga bisa lebih murah," ucapnya, Rabu (7/2/2018).

Padahal jika dibandingkan dengan kemampuan petani buah naga di wilayah Kabupaten Bantul, petani luar daerah menurutnya lebih unggul.

Pasalnya lahan pertanian di pesisir selatan belum banyak dimanfaatkan untuk menanam komoditas ini. Belum lagi masa panen yang hanya terjadi sekali setahun pada musim penghujan saja.

Bangkit menuturkan panen biasa dilakukan mulai bulan November hingga Maret. Setelah itu tidak ada lagi buah yang bisa dipetik. "Pascapanen, petani harus memangkas pohon biar tumbuh yang baru dan mengganti tiang yang roboh," ujarnya.

Lebih lanjut, Bangkit menjelaskan selama ini ia merawat sebanyak 1.665 rumpun tanaman buah naga yang ditanam di lahan seluas 2,1 hektar. Selama musim panen, tanaman buah naganya bisa menghasilkan hampir 10 ton.

Meski Bangkit pernah memasok buah naga hingga ke Jakarta, Badung, dan sejumlah supermarket, namun kini seluruh hasil panennya hanya dijual di sekitar Pantai Pandansari saja. Sesekali, pedagang buah dari daerah sekitar juga datang untuk membeli hasil panennya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement