Advertisement

Pengaruh Alumni Jadi Biang Vandalisme

Sekar Langit Nariswari
Jum'at, 09 Februari 2018 - 08:20 WIB
Kusnul Isti Qomah
Pengaruh Alumni Jadi Biang Vandalisme

Advertisement

Sejumlah sekolah yang memiliki potensi anak terlibat vandalisme akan diajak ikut serta dalam pembinaan

Harianjogja.com, JOGJA-Pengaruh alumni dan komunitas sekolah dinilai menjadi kendala terbesar dalam penanganan vandalisme oleh remaja. Balai Pendidikan Menengah Kota Jogja akan meluncurkan program pembinaan karakter kebangsaan untuk memberantas salah satu kenakalan remaja ini.

Advertisement

Haryra Achyulisar, staf Balai Pendidikan Menengah Kota Jogja mengatakan, program ini akan dijalankan selama tiga hari pembinaan dengan menyasar pentolan aksi ini. Akan disasar sejumlah sekolah yang memiliki catatan buruk soal vandalisme di Jogja. "Akan diikutkan program, diinapkan dengan pendampingan psikolog," katanya, Kamis (8/2/2018).

Sejumlah sekolah yang memiliki potensi anak terlibat vandalisme akan diajak ikut serta dalam pembinaan ini. Keberadaan psikolog akan sekaligus memahami permasalahan yang dialami para remaja ini termasuk pula persoalan pribadi dan keluarga. Harapannya, jika terbagi permasalahannya maka tindak kenakalan ini bisa dikurangi. Dikatakan jika ini menjadi tahun pertama pelaksanaannya dan diharapkan bisa berlangsung kontinu.

Haryra mengatakan, kendala terberat biasanya adalah pengaruh dari lingkungan sekitar remaja. Salah satu yang paling terasa ialah pengaruh alumni kepada sejumlah adik angkatannya. Dengan tameng senioritas, biasanya aksi vandalisme ini juga berlangsung dari generasi ke generasi.

Sebelumnya, Iptu Sugiyanto, Kanit Bintibmas Polresta Jogja mengatakan, alumni ini yang biasanya memberikan arahan agar melakukan tindak vandalisme. Hal ini ditengarai adanya kesadaran remaja tersebut, status pelajar di bawah umur menghalangi penindakan tegas terhadap pelaku vandalisme. "Jadinya susah melakukan pembinaan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement