Advertisement

JPW Kutuk Penyerangan Gereja Lidwina Jambon

Ujang Hasanudin
Minggu, 11 Februari 2018 - 19:20 WIB
Kusnul Isti Qomah
JPW Kutuk Penyerangan Gereja Lidwina Jambon

Advertisement

JPW meminta ada jaminan keamanan dari aparat terhadap semua pihak yang sedang menjalankan ibadah

Harianjogja.com, JOGJA-Jogja Police Watch (JPW), salah satu LSM mengutuk keras aksi penyerangan di Gereja  St. Lidwina, Jambon, Trihanggo, Gamping, Sleman, Minggu (11/2/2018). Dalam penyerangan tersebut, beberapa jemaat yang sedang ibadah terluka terkena sabetan pedagang.

Advertisement

"JPW mengutuk keras atas aksi penyerangan dan penganiayaan tersebut karena aksi biadab dilakukan oleh pelaku saat umat atau jemaat sedang melaksanakan ibadat," kata Kepala Divisi Humas JPW, Baharuddin Kamba, Minggu (11/2/2018).

JPW menilai kasus penyerangan di Gereja St. Lidwina menambah daftar panjang kasus kekerasan beribadah di DIY. Dari sejumlah kasus kekerasan rumah ibadah sejak 2015 hingga Maret 2016, kata Kamba, sebagian besar terjadi di Sleman. Hal tersebut menjadi perhatian semua khususnya aparat penegak hukum dan pemerintah agar senantiasa memberikan sosialisasi tentang pentingnya hidup rukun dan beragama.

http://m.harianjogja.com/?p=893544">Baca juga : Anggota DPR RI MY Esti Wijayati Sayangkan Penyerangan

Selain itu, ia juga meminta ada jaminan keamanan dari aparat terhadap semua pihak yang sedang menjalankan ibadah. "Selain pengamanan berupa pemasangan CCTV, juga perlu penambahan jumlah personel kepolisian di tempat ibadah menjadi keharusan." ujar Kamba.

Kasus penyerangan di Gereja St. Ludwina terjadi Minggu (11/2/2018) pagi, sekitar pukul 07.30 WIB. Seorang pria berusia sekitar 24 tahun membawa pedang, mengamuk, dan melukai beberapa jemaat, termasuk Romo Pier yang sedang memimpin misa. Dalam peristiwa tersebut, pelaku ditembak.

Kamba mengapresiasi atas kesigapan aparat dengan melumpuhkan pelaku. Ia berharap ke depan perlu ada antisipasi yang lebih ekstra agar kasus tersebut tidak terulangi kembali. JPW juga mendukung penuh proses hukum tersebut hingga tuntas secara profesional, jujur dan transparan. "Ungkap sampai ke akar-akarnya dan tangkap dalang di balik aksi penyerangan tersebut," ujar Kamba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cak Imin Tetapkan Kriteria Calon Kepala Daerah yang Diusung PKB

News
| Sabtu, 20 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement