Advertisement

Musim Hujan, Retribusi Sampah Tambah Banyak

Sekar Langit Nariswari
Senin, 12 Februari 2018 - 20:20 WIB
Nina Atmasari
Musim Hujan, Retribusi Sampah Tambah Banyak

Advertisement

Retribusi sampah yang harus dikeluarkan Pemkot Jogja setiap bulannya meningkat 15% selama musim penghujan

Harianjogja.com, JOGJA -Retribusi sampah yang harus dikeluarkan Pemkot Jogja setiap bulannya meningkat 15% selama musim penghujan. Pemerintah baru memiliki satu kendaraan yang bisa mengeringkan sampah basah akibat hujan.

Advertisement

Pemkot harus mengeluarkan dana sebesar Rp221juta untuk retribusi sampah pada Oktober lalu. Jumlah ini lebih tinggi dari tagihan pada Juli hingga September yang hanya berkisar Rp183 juta. Tren kenaikan ini terus berlangsung hingga Januari dengan retribusi yang nyaris sebesar Rp222 juta.

"Trennya memang naik retribusinya, musim hujan begini penimbangan lebih berat akibatnya bayar lebih mahal," kata Ahmad Haryoko, Kepala Seksi Penanganan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja kepada Harianjogja.com, Senin (12/2/2018).

Pasalnya, sampah yang dalam kondisi basah terguyur air hujan langsung diangkut petugas dan ditimbang. Hasil penimbangan inilah yang kemudian menjadi acuan retribusi yang harus dibayarkan.

Untuk setiap ton, retribusi yang harus dibayarkan ialah sebesar Rp24.383. Memproses sampah yang ada agar menjadi kering juga tidak mudah dilakukan.

Salah satu yang paling efisien adalah dengan kendaraan pengangkut sampah khusus yang bisa memadatkan sampah basah. Kendataan yang disebut sebagai compactor ini bisa memeras air dari sampah basah hingga 200 liter.

Sayangnya, DLH Kota Jogja baru memiliki satu unit kendaraan jenis ini sehingga operasionalnya pun terbatas. Sedangkan 28 unit kendaraan pengakut sampah lainnya masih berupa truk dam biasa.

Menurutnya, ini memang menjadi pola tahunan setiap kali masuk musim penghujan. Namun untuk tahun ini memang relatif lebih panjang sehingga biaya yang harus dikeluarkan juga lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ASN Akan Dipindah ke Ibu Kota Nusantara Secara Bertahap hingga 2029, Ini Prioritasnya

News
| Jum'at, 19 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement