Minggu Pagi, Kendaraan Listrik UGM akan Parade Kelilingi Kota Jogja

17 Februari 2018 20:20 WIB Sunartono Jogja Share :

Kendaraan listrik karya dosen dan mahasiswa akan berkeliling Kota Jogja dalam rangkaian Parade Mobil Listrik UGM

Harianjogja.com, JOGJA - Kendaraan listrik karya dosen dan mahasiswa akan berkeliling Kota Jogja dalam rangkaian Parade Mobil Listrik UGM Karya Mahasiswa FT UGM, Minggu (18/2/2018) pagi. Kegiatan itu untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang manfaat mobil ramah lingkungan.

Koordinator Kegiatan Parade Mobil Listrik UGM Karya Mahasiswa FT UGM Yano Surya Pradana menjelaskan, berbagai jenis kendaraan listrik karya FT UGM mulai dari mobil, sepeda motor, becak, becak listrik hingga trike cylce yang akan turut andil dalam parade keliling Jogja.

"Tujuan kami ingin mengenalkan kepada masyarakat akan kendaraan listrik yang ramah lingkungan untuk masa depan," terangnya kepada Harianjogja.com, Sabtu (17/2/2018).

Adapun parade akan menempuh jarak sekitar 12 kilometer dengan kecepatan rata-rata kendaraan 15 hingga 20 kilometer per jam dan waktu tempuh diperkirakan 45 hingga 60 menit.

Rute yang dilewati dari Bundaran UGM menuju ke barat dan berbelok ke selatan melalui Jalan C Simanjuntak, setibanya di simpang tiga Jalan Jenderal Soedirman berbelok ke barat menuju Tugu Jogja dan menuju ke selatan di Jalan Mangkubumi.

Kemudian melewati perlintasan rel kereta api depan Stasiun Tugu dan langsung menuju ke Jalan Malioboro. Rombongan kendaraan listrik itu akan melintasi sepanjang Jalan Malioboro hingga kawasan titik nol kilometer kemudian berbelok ke timur melalui Jalan P. Senopati. Setibanya di simpang empat Gondomanan, rombongan kendaraan listrik itu akan berbelok ke utara untuk mengaspal di Jalan Suryotomo menuju ke Jalan Mataram hingga ke lampu bangjo Taman Parkir Abu Bakar Ali diteruskan berbelok ke timur melewati Kleringan menuju Jalan Abu Bakar Ali ke arah Stadion Kridosono Kotabaru.

Mobil listrik akan melewati depan SMAN 3 Kota Jogja dan berbelok ke utara menuju Jalan Suroto hingga Simpang Empat dan menuju Jalan Cik Di Tiro untuk kembali finish di Bundaran UGM.

"Ada empat mobil karya mahasiswa yang akan ikut parade, seperti Arjuna, Semar II dan tim ICA [Innovation Center for Automotive UGM] lalu ada sepeda listrik, sepeda motor listrik, trike cycle dan becak listrik," kata Dosen Teknik Kimia ini.

Ia menambahkan, setibanya di bundaran UGM, rombongan kendaraan listrik akan menunggu rombongan pesepeda dari Keluarga Alumni Teknik Gadjah Mada (Katgama) yang sebelumnya gowes dari Bukit Cinta, Bayat, Klaten.

Bersama rombongan pesepeda tersebut, sekitar pukul 10.00 WIB, kendaraan listrik akan menuju ke Gedung FT UGM dengan melewati Graha Sabha Pramana, Balairung, keluar dari pintu barat Balairung menuju Jalan Persatuan atau lebih akrab dengan Jalan Kaliurang hingga ke Simpang Empat Bulaksumur dan berbelok ke barat menuju Jalan Teknika Selatan untuk ke kampus FT UGM.

Setibanya di FT, akan digelar pameran bertajuk Techno Day yang akan dihadiri pelajar setingkat SMA di DIY, Jawa Tengah dan sejumlah daerah lain di Indonesia. Pelajar itu akan diberikan berbagai informasi terkait pendidikan di Fakultas Teknik.

"Setiap departemen [jurusan] akan memamerkan produk teknologi hasil karya mahasiswa, termasuk kendaraan listrik. Kemudian ada becak listrik yang didesain khusus untuk menjajakan kopi ini tidak ikut parade hanya di pameran," ungkapnya.

Yano menegaskan, parade itu digelar utamanya untuk mengenalkan kepada masyarakat terkait kendaraan ramah lingkungan, mengingat saat ini sudah penuh sesak dengan kendaraan berbahan bakar. UGM, kata dia, berkomitmen mengembangkan kendaraan dan energi untuk masa depan.

"Kalau khusus pameran memang khusus untuk mengenalkan kepada pelajar, sekalian untuk pemberitahuan dan promosi dari Fakultas Teknik," kata dia.