Duh....Delapan Website Milik Pemerintah di Sleman Tuai Kritik

17 Februari 2018 10:55 WIB Irwan A Syambudi Sleman Share :

Delapan website instansi masih kurang optimal.

Harianjogja.com, SLEMAN--Dinas Komunikasi dan Inforormatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman mencatat terdapat delapan website milik instansi pemerintah yang belum optimal. Selain informasi yang jarang diperbarui, website juga dinilai memiliki tampilan yang kurang menarik.

Kepala Seksi Pengelolaan Infomasi Publik, Diskominfo Sleman, Cicilia Lusiani mengatakan dari 48 instansi pemerintah yang terdiri dari 17 kecamatan dan 31 organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten, belum semuanya dapat mengelola website dengan baik. Delapan di antaranya dianggap memiliki nilai yang kurang lantaran infomasi dan tampilan website masih belum optimal.

Kedelapan website itu adalah milik Dinas Pemuda dan Olahraga, Inspektorat, Sekretariat Daerah, Kecamatan Mingggir, Kecamatan Moyudan, Kecamatan Sayegan, Kecamatan Prambanan, dan Kecamatan Berbah. Penilaian yang dilakukan sepanjang 2017 kemarin, delapan website tersebut dinilai jarang memberikan infomasi yang terkini dan juga masih belum memberikan infomasi yang lengkap.

Menurutnya meskipun jarang terdapat kegiatan yang bisa diinfomasikan, tetapi jika sekali terdapat kegiatan langsung diinfomasikan pada hari itu juga, maka mendapatkan penilaian yang baik. Namun beberapa di antaranya masih mengalami kendala untuk melakukan hal itu. “Secara umum permasalahan pengelolaan website adalah koordinasi dan sumber daya manusia (SDM),” kata dia saat ditemui di kantornya belum lama ini.

Dia mencontohkan untuk beberapa kecamatan yang masih belum dapat mengelola website secara optimal dikarenakan memang tidak memiliki SDM yang kompeten. Pasalnya untuk tenaga pengelola website membutuhkan kemampuan khusus dalam bidang teknologi infomasi.

Namun demikian pihaknya juga memberikan apresiasi terhadap instansi yang sudah melakukan pengelolaan website dengan baik. Dalam penilainnya untuk OPD dengan website terbaik adalah Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP); Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), dan Diskominfo. Sedangkan untuk kecamatan dengan pengelolaan website yang sudah baik adalah Depok, Ngemplak dan Godean.

“Informasi yang disajikan sudah update dan lengkap. Tampilanya juga sudah lumayan,” kata Cicilia.