Libur Panjang Imlek, Hotel di Jogja Hampir Penuh

18 Februari 2018 08:20 WIB Holy Kartika Nurwigati Jogja Share :

Memasuki libur panjang Imlek 2569, wisatawan mulai memadati Jogja

Harianjogja.com, JOGJA-Memasuki libur panjang Imlek 2569, wisatawan mulai memadati Jogja. Tingkat hunian kamar hotel di sejumlah hotel di Jogja meningkat dan rerata di atas 90%.

"Okupansi di hotel bintang di DIY sudah di atas 80 persen. Karena libur panjang ini, sejak jauh hari banyak tamu yang sudah melakukan pemesanan kamar," Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) DIY, Istidjab M. Danunagoro, Jumat (16/2/2018).

Istidjab memaparkan tragedi penyerangan gereja beberapa waktu lalu, tidak membuat wisatawan mengurungkan rencana liburannya ke Jogja. Okupansi bahkan masih cenderung tinggi, tidak hanya pada hotel bintang tetapi juga hotel non bintang.

"Kebetulan saya juga mengelola hotel non bintang di Jalan Tamansiswa. Selama dua hari full boked," ungkap Istidjab.

Assistant Sales Manager Cordela Hotel Kartika Dewi Yogyakarta, Danu Kuntoro mengungkapkan sejak Kamis (15/2/2018), okupansi di Cordela Hotel Kartika Dewi sudah mulai penuh. Selama tiga hari hingga Sabtu (17/2/2018) okupansi hotel yang berada di Ring I ini tembus hingga 90%.

Danu menambahkan tamu yang menginap cukup beragam. Sebagian besar didominasi rombongan keluarga yang datang dengan bus. "Ada yang melakukan pemesan secara langsung, melalui travel agent dan lewat online," ungkap Danu.

Tak hanya kawasan Ring I yang kebanjiran tamu di libur panjang Tahun Baru Tiongkok ini. Hotel bintang di kawasan Ring II dan Ring III juga mendapat jatah tamu yang cukup banyak.

Marketing and Communications Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hotel, Khairul Anwar mengatakan tingkat keterisian kamar di hotel ini mencapai 95% selama tiga hari sejak, Kamis (15/2/2018). Sebagian besar tamu yang menginap didominasi keluarga dan korporasi.

Kendati masih berada di masa low season, namun pada masa libur panjang, banyak hotel diburu para wisatawan. Awang memaparkan secara keseluruhan selama Februari, okupansi masih ce nderung rendah. Rata-rata okupnasi bulan ini sekitar 45%-58%.

"Namun, kami optimis akhir bulan ini dapat menutup okupansi 65 persen. Beberapa upaya kami lakukan untuk menarik tamu, terutama menyambut Imlek ini berbagai atraksi hiburan, barongsai dan lain sebagainya kami gelar untuk menghibur tamu," papar Awang.

Sementara itu, hotel bintang tiga plus yang berada di kawasan Ring III, juga tak sepi dari tamu. Artotel Jogja, hotel yang berada di Jalan kaliurang ini menjadi rujukan menginap tamu-tamu, seperti keluarga muda dan sejumlah tamu korporasi. Marketing Communication Artotel Jogja, Tities Oktavianingrum K mengatakan hingga sabtu kamar di seluruh lantai penuh dipesan.

"Okupansi kami sekitar 70 persen lebih. Selama liburan panjang Imlek ini banyak yang kamar yang sudah dipesan," ungkap Tities.