Pemkot Jogja Minta KAI Percepat Penataan Jalan Pasar Kembang

19 Februari 2018 08:20 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Percepatan itu dibutuhkan agar Pemerintah Kota Jogja juga bisa menata jalannya

Harianjogja.com, JOGJA-Pemerintah Kota Jogja meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mempercepat proses penataan trotoar di sepanjang Jalan Pasar Kembang. Percepatan itu dibutuhkan agar Pemerintah Kota Jogja juga bisa menata jalannya.

Proses penataan selatan Stasiun Tugu sudah dilakukan sejak Juli 2017 lalu. Namun, hingga pertengahan Februari 2018 ini belum juga selesai. Sebagian besar sisi Jalan Pasar Kembang bagian utara masih tertutup dengan seng. Bahkan trotoar bekas gusuran pedagang sks Pasar Kembang itu kin malah digunakan untuk lahan parkir.

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi mengakui kondisi tersebut. Ia mengakatan, kesemrawutan itu karena di selatan stasiun masih difungsikan untuk keluar masuk penumpang kereta api dan lahan parkir ilegal. Karena itu, proses penataan harus segera diselesaikan. "Kami minta paling tidak semester satu tahun ini sudah selesai," kata Heroe, Minggu (18/2/2018).

Heroe mengatakan, setelah penataan trotoar di Jalan Pasar Kembang selesai, pihaknya segera menata jalan tersebut supaya tidak semrawut, salah satunya menertibkan lahan parkir. Ia juga meminta KAI menyediakan lahan parkir yang luas di sekitar stasiun yang bisa digunakan tidak hanya untuk penumpang kereta, tetapi juga wisatawan yang berkunjung ke Malioboro dan sekitarnya. "Kami titip agar di stasiun disediakan titik parkir wisatawan," kata dia.