25.000 Orang Penuhi Pantai Parangtritis Saksikan Jogja Air Show 2018 Hari Kedua

19 Februari 2018 15:20 WIB Sekar Langit Nariswari Bantul Share :

Penampilan 51 paramotor yang terbang bersama dalam acara Joga Air Show (JAS) 2018 menjadi pemecahan rekor baru secara nasional pada Minggu (18/2/2018)

Harianjogja.com, BANTUL- Penampilan 51 paramotor yang terbang bersama dalam acara Joga Air Show (JAS) 2018 menjadi pemecahan rekor baru secara nasional pada Minggu (18/2/2018).

Acara di hari kedua kemarin juga dihadiri tak kurang dari 25.000 masyarakat yang antusias menyasikan pertunjukan olahraga dirgantara tersebut.

Paramotor tersebut terbang melintasi pantai selatan Bantul mulai dari Pantai Parangtritis hingga Pantai Depok selama setidaknya 20 menit. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan perencanaan awal yang hanya 50 paramotor.

Danlanud Adisutjipto, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Novyan Samyoga mengatakan jika pemecahan rekor ini menjadi bagian dari kerja keras seluruh panitia di Lanud Adisutjipo dan panitia pelaksana acara.

"Kali ini dipecahkan di Depok, Kabupaten Bantul dan menjadi sumbangsih luar biasa bagi meriahnya Jogja Air Show 2018," katanya, Minggu.

Sebelumnya, rekor paramotor terbanyak dipecahkan di Madiun pada 201 lalu dengan 41 paramotor. Marsma Samyoga menjelaskan jika kemeriahan juga sumbangsih dari tim Jupiter Aerobatik Team (JAT) serta atlet gantole, terjun payung, aeromodeller, serta pengguna droner dan layang-layang.

Dengan kesuksesan yang telah diraih ini, ia berharap masyarakat bisa kembali hadir dalam gelaran ini tahun mendatang. Dijanjikan jika acara akan jauh lebih meriah dan memukau dengan tetap mengutamakan keselamatan terbang dan kerja (Lambangja).

Peningkatan lainnya ialah dari jumlah cabang olahraga yang ditampikan, penyajiannya dan keamanan. Semua itu, tambahnya, dilakukan dengan tujuan semakin menggelorakan kecintaan masyarakat terhadap olahraga dirgantara.

Terlebih lagi, banyak peluang di DIY yang bisa menjadikan event ini menjadi lebih besar dan berpotensi termasuk untuk pariwisata daerah.

Kapentak Lanud Adisutjipto, Mayor Sus Giyanto menambahkan jika adapula penampilan enam penerjun payung andalan TNI AU yang ada di DIY. "Penerjun kami ikut pula unjuk kebolehan dengan menari di atas langit Depok, Bantul, dalam gelaran Jogja Air Show 2018," ujarnya.

Salah satu yang tampil kemarin adalah Letkol Pas Fajar Ardi Kriswanto yang merupakan Komandan Denhanud 474 Paskhas di DIY. Para penerjun kebanggaan ini mendarat dengan membawa bendera yang kemudian diserahkan kepada Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X, Danlanud Adisutjipto Marsma Novyan Samyoga, dan Kapolda DIY, Brigjen Pol Ahmad Dofiri.

Sementara itu, jumlah pengunjungnya diprediksi juga mencapai 25.000 orang. Hal ini, tambah Mayor Giyanto, dilihat dari masyarakat yang memadati landasan pantai selatan itu.

Jumlah ini sedikit lebih banyak dibandingkan hari sebelumnya. Ia menilai ini disebabkan gelaran acara yang memasuki hari terakhir dan puncaknya sehingga masyarakat lebih banyak yang berminat hadir langsung di lokasi.