Musim Hujan, Hutan Pinus Mangunan Sepi Wisatawan

19 Februari 2018 18:20 WIB Sekar Langit Nariswari Bantul Share :

Sedikitnya 61.495 wisatawan berkunjung ke objek wisata Hutan Pinus Mangunan, Dlingo selama sepekan

Harianjogja.com, BANTUL-Sedikitnya 61.495 wisatawan berkunjung ke objek wisata Hutan Pinus Mangunan, Dlingo selama sepekan lalu. Jumlah ini dinyatakan menurun 50% dibandingkan jumlah kunjungan di musim kering.

Ketua Koperasi Notowono Mangunan Dlingo, Purwo Harsono mengatakan jika jumlah tersebut berdasarkan pendataan pada 12 Februari sampai 18 Februari mendatang.

"Totalnya ada 61.495 pengunjung untuk semua titik," katanya kepada Harianjogja.com, Minggu (18/2/2018). Ia mengatakan jika jumlah kunjungan ini tergolong sedikit untuk akhir pekan panjang.

Penurunannya bahkan dikatakan mencapai 50% dibandingkan akhir pekan panjang beberapa waktu lalu. Pria yang karib disapa Ipung ini menilai jika curah hujan tinggi belakangan ini berdampak pada jumlah pengunjung. Meski demikian, sepekan ini cuaca di objek wisata yang mengutamakan keindahan hutan pinus ini tergolong cerah.

Ia mengatakan jika jumlah kunjungan dua hari belakangan ini juga tidak terdampak even Jogja Air Show (JAS) 2018 yang digelar di Pantai Parangtritis. "Tidak terkena dampaknya sih, hanya karena musim hujan jadi lebih banyak yang ragu mau datang," ujarnya.

Sebagian besar pengunjung sepakan belakangan didominasi warga dari Jawa Tengah dan DIY. Namun banyak pula pengunjung dari Jakarta dan Surabaya.

Berdasarkan data pengelola, kunjungan terbanyak selama sepekan paling banyak di lokasi Pinussari hingga 18.270 orang. Kemudian disusul dengan objek Puncak Becici dan 1.000 batu berkisar 12.000 pengunjung. Sedangkan kunjungan yang paling sedikit ialah di Bukit Mojo yang hanya mencapi 325 pengunjung selama enam hari belakangan.

Petugas TPR Parangtritis, Rokhmad Ridwanto menjelaskan pengunjung di pantai selatan itu sudah mencapai 17.000 wisatawan pada pukul 14.00 WIB. "Kalau sampai sore nanti tembus lah 25.000," katanya.

Peningkatan memang terjadi salah satu karena agenda JAS 2018 selain libur akhir pekan panjang. Dua hari sebelumnya, jumlah pengunjung mencapai 20.200 wisatawan yang masuk lewat TPR Parangtritis.