Kalibiru Tak Lagi Diburu, Wisatawan Turun hingga 50%

19 Februari 2018 19:20 WIB Beny Prasetya Kulonprogo Share :

Jumlah wisatawan yang mendatangi Kalibiru mengalami penurunan

 

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Pada long weekend kemarin, jumlah wisatawan yang mendatangi Kalibiru mengalami penurunan sejumlah 50% dibanding longweekend sebelumnya.

Hal itu diungkapkan Ketua Pokdarwis Kalibiru Sumarjono kepada Harianjogja.com, Sabtu (17/2/2018). Menurutnya longweekend kali ini jumlah wisatawan ke destinasi wisata yang mengandalkan panorama alam sebagai sajian utana itu telah mengalami penurunan.

"Ada penurunan jumlah wisatawan ke Kalibiru. Bahkan sampai 50% dari long weekend sebelumnya," katanya.

Biasanya tiap long weekend, Kalibiru bisa mendatangkan wisatawan sejumlah 7.000 orang.  Namun saat ini Kalibiru hanya mendapatkan kurang sari 4.000 wisatawan untuk Jumat, Sabtu, Minggu-nya.

"Hari Jumat mencapai 1.300, hari ini [Sabtu] mencapai 1.400 lebih, long weekend yang lalu 4.000 hingga 5.000, yang tahun lalu bisa mencapai 7.000," katanya.

Ia menambahkan bahwa dirinya belum mendapatkan saran dari berbagai pihak. Bahkan saran yang berupa aduan juga belum ia terima. Namun terkait penurunan jumlah pengunjung, menurutnya pelaku usaha  telah melakukan inovasi berupa penambahan lokasi foto bari berupa wahana ayunan dan sepeda langit yang bisa digunakan mulai Maret mendatang.

"Sementara tidak ada saran, kami juga telah menambahkan wahana auunan dan sepeda langit saja, untuk bulan Maret sudah dipakai," jelasnya.