PEMILU 2019 : Tes Tertulis PPS di Bantul, 34 Peserta Tidak Hadir

20 Februari 2018 20:55 WIB Sekar Langit Nariswari Bantul Share :

Sebanyak 34 peserta seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) tidak hadir dalam tes tertulis yang digelar pada Selasa (20/2/2018)

Harianjogja.com, BANTUL-Sebanyak 34 peserta seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) tidak hadir dalam tes tertulis yang digelar pada Selasa (20/2/2018). Sedianya akan dipilih enam peserta terbaik di setiap desa untuk menjalani tahap wawancara.

Ada masing-masing 14 peserta yang tak hadir di lokasi tes di Balai Desa Jambidan dan Balai Desa Wijirejo. Sedangkan lokasi tes dengan peserta paling banyak, Balai Desa Pendowoharjo, justru paling minim jumlah peserta tak hadirnya, enam orang. Berdasarkan hasil tes administrasi, ada 417 peserta yang terdaftar untuk menjalani tes tertulis ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul, Muhammad Johan Kamara mengatakan hasil tes kemarin akan diumumkan pada 22 Februari. "Peserta yang lolos tes tulis akan masuk enam besar untuk diwawancara," katanya kepada Harianjogja.com, Selasa.

Kemudian, peserta tersebut akan menjalani tes wawancara pada 23-24 Februari. Setelah itu, akan ditetapkan tiga orang untuk tiap desa sebagai PPS.

Sedangkan untuk sejumlah desa dengan jumlah peserta kurang dari tiga orang, Johan menerangkan tidak serta merta lolos tahapan seleksi. Peserta tersebut akan tetap menjalani seleksi sesuai dengan yang diatur dalam PKPU Nomor 3/2013 dan SK Nomor 31/2018.

Jika hasil akhirnya ternyata belum memenuhi kuota, maka dicarikan alternatif dengan koordinasi bersama komunitas pemilu dan demokrasi.

Saat ini, tambah Johan, pihaknya juga telah melakukan koordinasi agar pengisian posisi PPS bisa terpenuhi kuotanya dan sesuai dengan tahapan yang ada.