7.500 Siswa Ikut Pekan Olahraga Pelajar di Bantul

22 Februari 2018 10:20 WIB Sekar Langit Nariswari Bantul Share :

Pekan Olahraga Pelajar Bantul 2018 secara resmi dibuka oleh Bupati Bantul, Suharsono pada Rabu (21/2/2018)

Harianjogja.com, BANTUL-Pekan Olahraga Pelajar Bantul 2018 secara resmi dibuka oleh Bupati Bantul, Suharsono pada Rabu (21/2/2018) di Lapangan Dwi Windu, Bantul. Event ini diikuti oleh setidaknya 7.500 siswa dari jenjang SD, SMP, dan SMA/SMK seluruh Bantul.

Acara tahunan ini merupakan upaya untuk mencari bibit atlet unggulan guna mewakili Bantul pada gelaran daerah maupun nasional. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bantul, Didik Warsito mengatakan jika ini menjadi merupakan fasilitasi untuk mendorong pengembangan potensi atlet pelajar. "Sebagai salah satu seleksi atlet pelajar untuk Pekan Olahraga Pelajar DIY 2018," katanya.

Selain itu, diharapkan kegiatan ini bisa menjadi ajang persahabatan bagi para pelajar Bantul. Hal ini sesuai dengan tema yang diambil yakni "Dengan Semangat Makaryo Mbangun Desa, Kita Tingkatkan Prestasi Olahraga Kabupaten Bantul". Ada 214 nomor pertandingan dari 23 cabang olahraga yang akan dipertandingkan selama event ini.

Cabang olahraga tersebut mulai dari atletik, panjat tebing, panahan dan beragam lainnya. Selain itu, adapula satu olahraga eksibisi yang ikut dilangsungkan yakni sepatu roda.

Sementara itu, Bupati Bantul, Suharsono berpesan agar kegiatan bukan hanya sekedar jadi agenda rutin. Namun, harus ada kelanjutan terkait pembibitan dan pembinaan olahraga yang konsisten.

"Penyelenggaraannya harus tetap memperhatikan tujuan keolahragaan itu sendiri," ujarnya.

Para peserta yang seluruhnya pelajar diminta untuk bersaing dengan bersemangat namun tak meninggalkan cara yang santun, beretika, dan bermartabat.