Kir Kedaluwarsa, 7 Kendaraan Ditilang di Sleman

23 Februari 2018 08:55 WIB Sleman Share :

 16 angkutan barang dan angkutan orang terjaring operasi

Harianjogja.com, SLEMAN-Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman bersama dengan personel gabungan dari sejumlah instansi melakukan razia angkutan barang dan angkutan orang. Mayoritas angkutan yang ditilang lantaran uji kir atau kelaikan jalan sudah kedaluwarsa.

Kepala Dishub Sleman Mardiyana mengatakan, dalam operasi gabungan yang dilakukan bersama tim terpadu pada Kamis (22/2/2018), terdapat 16 angkutan barang dan angkutan orang terjaring operasi. Dalam operasi yang dilaksanakan di Jalan Gito-Gati, Dusun Gondanglegi, Sariharjo, Ngaglik itu mayoritas kendaraan yang terjaring lantaran uji kir sudah kedaluwarsa.

“Rinciannya kir mati [kedaluwarsa] ada tujuh pelanggar, tanpa SIM ada lima pelanggar, dimensi muatan melebihi kapasitas ada satu pelanggar, melebihi tonase ada satu, dan tanpa surat-surat ada dua pelanggar,” kata dia, Kamis.

Untuk sejumlah pelanggar tersebut seluruhnya dilakukan tindakan tegas dengan ditilang. Selanjutnya bagi para pelanggar diharuskan ke Kejaksaan Negeri Sleman pada Jumat (9/3/2018) guna membayar denda pelanggaran dan pengambilan barang bukti.

Mardiyana mengungkapkan, operasi gabungan memang gencar dilakukan selama beberapa hari terakhir. Tercatat dari operasi yang dilakukan di tempat berbeda pada Senin (19/2/2018), Rabu (21/2/2018), dan Kamis total ada 51 kendaraan yang terjaring karena melakukan pelanggaran.

Dan dalam operasi selalu dilakukan tindakan tegas dengan ditilang agar masyarakat dapat mematuhi peraturan lalu lintas. Sebab menurutnya pelanggaran lalu lintas merupakan akibat dari terjadinya kecelakaan fatal. “Banyak masyarakat yang belum memahami pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas sehingga kami gencarkan operasi,” katanya.