Penyalahgunaan Narkoba Berdampak Buruk pada Sosial

23 Februari 2018 11:55 WIB Sunartono Sleman Share :

Oleh karena itu, semua pihak harus menyikapi kenyataan itu dengan cerdas

Harianjogja.com, SLEMAN-Kepala Pusat Studi Napza UII Soewadi menilai, meningkatnya kasus penyalahgunaan narkoba saat ini berdampak buruk tidak hanya bagi kesehatan namun juga dari sisi sosial.

Oleh karena itu, semua pihak harus menyikapi kenyataan itu dengan cerdas, salah satunya upaya membentengi mahasiswa dengan memberikan strategi menghindari narkoba. "Terutama para mahasiswa baru harus dibentengi agar tidak mudah dipengaruhi untuk menjadi pemakai. Bahaya penyalahgunaan narkoba ini memang butuh perhatian khusus," ujar dokter spesialis kejiwaan ini, Kamis (22/2/2018).

http://m.harianjogja.com/?p=896913">Baca juga : Maksimalkan Peran Pusat Studi untuk Perangi Narkoba

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP DIY Bambang Wiryanto menyatakan, pentingnya peran perguruan tinggi dalam rangka memerangi narkoba. Terutama membantu pemerintah dalam melakukan pencegahan. Ia tak menampik bahwa peredarannya semakin membuat miris, meski aparat gencar melakukan penyelidikan hingga penindakan namun masih saja ada narkoba yang dimasukkan.

"Padahal hukumannya sudah jelas, mati, kenapa nggak takut. Upaya preventif bersama kampus ini sangat penting selain penegakan. [Pusat Studi Napza] UII ini setiap tahun selalu rutin ada kegiatan, kami berharap organisasi [anti narkoba] lainnya juga demikian, sehingga kita bisa bersama-sama memerangi," kata dia.