DPRD Desak Pemkab Berikan Fasilitas BPJS Kesehatan untuk Semua Warga Gunungkidul

25 Februari 2018 06:20 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

DPRD Gunungkidul mengharapkan agar BPJS Kesehatan dapat menyasar semua lapisan masyarakat Gunungkidul

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Gunungkidul mengharapkan agar BPJS Kesehatan dapat menyasar semua lapisan masyarakat Gunungkidul.

Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul, Purwanto mengatakan tahun depan BPJS harus menyeluruh ke masyarakat, akan dicanangkan dengan serius oleh Dewan.

"2019 harus berlaku ke seluruh masyarakat Gunungkidul, dengan dasar yang kelas tiga. Harapannya seluruh masyarakat dapat mudah dalam akses kesehatan," ujarnya, baru-baru ini.

Saat ini menurut Purwanto, sulit membedakan mana masyarakat yang mampu maupun tidak mampu, dan hal itu dikhawatirkan akan bermasalah. Dia mengatakan karena pada dasarnya pemerintah wajib memberikan jaminan kesehatan pada masyarakat.

Selain itu jika belum merata semua dikhawatirkan warga menyalahkan kepada RT, RW atau Dukuh, maupun pemerintah Desa, sehingga menimbulkan kecemburuan sosial. "Harapannya tidak terkotak-kotak lagi. Mungkin tambahan anggaran dari Pemkab ya sekitar Rp10 Miliar," ujarnya.

Sementara itu Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan hal tersebut juga sedang dibahas oleh Pemkab. "Baru kami rapatkan, mudah-mudahan dapat dianggarkan menyeluruh juga," ujarnya Kamis (22/2/2018).

Badingah mengatakan hal ini perlu pertimbangan matang dan masukan berbagai pihak. Dia mengatakan tidak mungkin memutuskan sendiri. Walaupun dia juga mengatakan jika dapat menyeluruh juga lebih senang.

Saat ini yang masih menjadi kendala disamping APBD, masyarakat yang mampu belum sadar jadi peserta BPJS Kesehatan yang mandiri.