Ops Keselamatan Progo 2018 oleh Polres Gunungkidul Utamakan Teguran daripada Penindakan

01 Maret 2018 16:55 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Polres Gunungkidul gelar apel gelar pasukan Ops Keselamatan Progo 2018

 

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Polres Gunungkidul gelar apel gelar pasukan Ops Keselamatan Progo 2018, di halaman Mapolres Gunungkidul, Kamis (1/3/2018). Kegiatan ops Keselamatan Progo sendiri akan dilaksanakan pada 5-25 Maret.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady mengatakan apel tersebut dalam rangka mempersiapkan anggota dalam Ops Keselamatan Progo. Pada operasi yang akan datang dikatakan akan lebih menekankan pada teguran.

"Operasi ini memiliki tujuan bagaimana menyelamatkan pengendara bermotor, maupun pengguna jalan lain yang lebih menekankan teguran. Apa bila ada pelanggaram diberi teguran, namun apa bila ada yang menyebabkan fatal maka kita tilang," ujarnya.

Dalam sambutannya mewakili Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi, Royke Lumowa, dalam operasi kali ini, ada beberapa hal yang menjadi sasaran berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Diantaranya melawan arah lalu lintas khususnya kendaraan bermotor roda dua, kedua menggunakan handphone waktu mengemudi, berboncengan lebih dari satu, dan berkendara belum cukup umur.

Diharapkan akan mendorong tercapainya tujuan operasi yaitu, meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, kedua meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbwntuknya opini positif dan citra tertib berlalu lintas, dan juga terwujudnya situasi Kamseltibcarlantas menjelang pelaksanaan Pilkada 2018.

Dia juga mengatakan perkembangan wisata di Gunungkidul menjadi perhatian lebih. Dengan harapan wisatawan lokal maupun mancanegara dapat aman dan tertib. Selain itu dia juga mengimbau kepada masyarakat dalam mengendari kendaraan bermotor, dengan kelengkapan surat, mengecek kondisi kendaraan, serta selalu menaati rambu.