Perhatikan Tiga Hal Penting Saat Memilih Laptop Premium

02 Maret 2018 23:40 WIB Bhekti Suryani Jogja Share :

Laptop harus unggul dari sisi performa, desain, dan portabilitas.

Harianjogja.com, JOGJA--Sebuah laptop premium haruslah dirancang dengan mengombinasikan antara performa, desain, dan portabilitas agar menjadi perangkat yang sempurna untuk mendukung kebutuhan lifestyle penggunanya. Lantas seperti apa sih desain, performa dan portabilitas yang ideal bagi sebuah perangkat premium itu?

Hal penting pertama adalah desain. Aspek ini paling krusial, sebab penampilan adalah yang pertama kali menjadi penilaian publik. Pada perangkat laptop premium kekinian, alumunium alloy adalah material terbaik untuk digunakan sebagai bahan pembuatnya. Khususnya berjenis aerospace grade 6013, bahan tersebut selain membuat perangkat laptop menjadi lebih ringan dibanding notebook pada umumnya, namun sekaligus menjadikannya 50% lebih kuat.

Tidaknya hanya bagian dalam, tetapi desain di luar juga wajib memperhatikan tiap detil keindahan serta ciri khas khusus alias ikonik. Itu tentu saja akan menjadikanya berbeda, memiliki daya pikat tinggi dan mudah diingat.

Selanjutnya adalah portabilitas. Aspek ini sangat penting untuk membuat notebook premium memiliki daya mobiliti yang tinggi. Sehingga tidak hanya tampak cantik dan elegan saja, perangkat tersebut pun tidak akan menyusahkan ketika harus diajak bermobilitas tinggi. Idealnya, bobot notebook premium tidaklah boleh lebih dari 1 Kg. Kemudian ketebalannya pun tidak boleh melewati 11 mm.

Aspek terakhir adalah performa. Meski berada pada urutaan terakhir, namun hal ini bukannya tidak penting atau bisa dikesampingkan begitu saja. Tanpa performa yang optimal dan mumpuni, dua poin diatas terasa menjadi sia-sia belaka. "Bicara performa, artinya kita tidak akan jauh dari chip prosesor apa yang mendukung performa komputasi dari perangkat tersebut," kata Product Marketing Asus Davina Larissa Rolos melalui rilis, Jumat (2/3/2018).

Idealnya, prosesor harus berada pada kelas yang paling tinggi dan berteknologi mutakhir. Serta ditemani dengan berbagai macam komponen pendukung yang juga tidak kalah canggih dan mutakhirnya seperti RAM yang besar, kapasitas storage yang lega dan kencang menggunakan SSD dan sebagainya.

Pilihan Bijak
Lantas pertanyaan besarnya ialah, apakah ada perangkat seperti itu? Tentu saja ada. Salah satu perangkat terbaik yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan tersebut adalah ASUS ZenBook Flip S UX370. Laptop ini memiliki desain yang sangat ikonik sebab dirancang dengan spun-metal finish khas ZenBook yang membutuhkan 40 langkah rumit dalam pembuatannya. Bagian sisi notebook juga dilengkapi aksen diamond-cut untuk menambah keindahan. Ada dua pilihan warna yang tersedia, Smokey Gray dan Royal Blue. Khusus untuk model Royal Blue, teknik dual-phase anodizing dilakukan untuk menghadirkan guratan emas di sisi notebook.

Bagaimana dengan portabilitasnya? Dengan ketebalan hanya 10,9 milimeter dan berat 1,1Kg, ZenBook S yang inovatif mengombinasikan desain yang elegan, kenyamanan serta kemampuan serba bisa dengan layar yang dapat dilipat hingga 360o, memungkinkannya digunakan sebagai laptop bertenaga, tablet praktis, atau apapun di antara keduanya.

ZenBook Flip S juga telah memiliki sistem operasi pre-installed Windows 10 sehingga Anda tidak perlu repot lagi ketika hendak langsung menggunakannya. Selanjutnya, ZenBook juga menawarkan sebuah notebook tipis, ringan dan dikembangkan dengan meminimalisir ukuran dan bobot. Laptop ini dibalut aluminum standar dirgantara, engsel ringkas ErgoLift dan sistem pendinginan vapor-chamber yang ultra tipis.

"ZenBook Flip S menggunakan komponen terbaik untuk performa tertinggi, notebook ini merupakan pilihan tepat bagi para desainer, pekerja kreatif, atau siapapun yang membutuhkan notebook stylish dan cerdas yang menawarkan masa aktif baterai sepanjang hari serta performa dan multifungsi," kata dia.

Untuk mencapai kekuatan baterai hingga 11,5 jam, Asus merancang baterai polimer lithium berkapasitas 39Wh berkapasitas tinggi untuk ZenBook Flip S. Ditambahkan pula teknologi Fast Charging sehingga baterai dapat terisi 60% hanya dalam waktu 49 menit.

Unggul Dalam Performa
ZenBook Flip S menggunakan komponen mutakhir dengan performa yang belum pernah ada pada sebuah form factor ultrathin dan ultralight. Prosesor Intel Core i7 generasi ke-7 dan RAM LPDDR3 2133MHz sebesar 16GB memastikan performa yang tinggi untuk multitasking. Adapun SSD berbasis PCIe 3.0 x4 membuat ZenBook Flip S punya storage dengan performa kencang memiliki bandwidth 7x lebih besar, 3x latensi lebih rendah dan 3,8x multitasking yang lebih kencang dari SSD berbasis SATA.

Dua port USB Type-C pada ZenBook Flip S mendukung display eksternal hingga resolusi 4K dan mampu melakukan pengisian ulang. Demi kenyamanan, tersedia pula bundel Mini Dock yang menyediakan sebuah port HDMI, USB 3.1 dan port USB Type-C yang juga mendukung fast charging. (*)