UN 2018 : Sekolah di Gunungkidul Persiapkan Mental Siswa

05 Maret 2018 21:55 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Jelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sekolah mulai melakukan persiapan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Jelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sekolah mulai melakukan persiapan. Salah satunya SMP N 1 Wonosari, yang melakukan persiapan.

Wakil Kepala Sekolah urusan kurikulum, Sri Wahyuni, mengatakan berbagai persiapan sudah dilakukan beberapa bulan yang lalu.

"Jelang UNBK sebenarnya tidak begitu jauh dari persiapan kemarin. Ada kegiatan rutin pengayaan di sore hari, setiap Senin-Kamis," ujarnya," ujarnya Sabtu (4/3/2018).

Ada juga tutor sebaya setiap hari senin setelah upacara. Pembelajaran tersebut dilakukan dengan guru membuat soal, lalu siswa yang ditunjuk sebagai tutor menjelaskan/ membimbing rekannya.

Ada juga kegiatan mini try out dan morning test, setiap Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu. Dimana dengan morning test tersebut, nantinya dapat dilihat grafik siswa. Beberapa try out lain juga dilakukan dalam rangka persiapan UNBK itu.

Sri mengatakan selain itu juga ada persiapan mental program khusus setiap Jumat minggu pertama ada kegiatan keagamaan dan juga program khusus motivasi narsumber dari alumni yang sukses, maupun akademisi.

Dia juga mengapresiasi dukungan dari orangtua juga baik dalam berbagai kegiatan. Outbond juga akan diadakan sekolahnya untuk refreshing.

"Ya saya harap lancar kegiatan UNBK sesuai yang diharapkan, target tercapai kebanggan Gunugkidul maupun Sekolah. Kedepannya siswa juga dapat memilih sekolah yang diinginkan," katanya.

Salah satu siswa SMPN 1 Wonosari, Muhammad Alsam, mengatakan juga menyiapkan berbagai hal. "Ujian Nasional belajar tapi tidak tiap hari. Ada refreshing juga pastinya," ujarnya.

Dia mengatakan kendala yang ia hadapi jika mengerjakan soal, tapi tidak tahu mengoreksinya. Ia mengatakan solusinya ketika di sekolah bertanya dengan guru, atau dengan mencari di internet.

Siswa lain Marselia Septi Claudia, mengatakan menyiapkan ujian dengan ikut les. "Biasanya ikut les, mengerjakan soal, baca materi, tulis di dinding tentang materi yang berkaitan dengan ujian," ujarnya.