Tiket Kereta Lebaran Mulai Dijual

06 Maret 2018 06:40 WIB Salsabila Annisa Azmi Jogja Share :

Tiket kereta api mudik Lebaran sudah dapat dipesan.

Harianjogja.com, JOGJA--Tiket kereta api untuk mudik Lebaran sudah mulai dijual PT KAI mulai 1 Maret 2018 sampai 30 Maret 2018 untuk keberangkatan mulai 30 Mei 2018 sampai 28 Juni 2018.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Kota Jogja, Eko Budiyanto mengatakan pembelian tiket Lebaran yang dijual adalah untuk keberangkatan tiga bulan kemudian. Eko mengatakan saat ini animo peningkatan penjualan tiket lebaran belum terlihat. "Prediksi Humas Daop 6, arus mudik akan mulai terlihat pada H1-6 [9 Juni 2018]. Kemudian puncak arus mudik ada pada H1-2 [13 Juni 2018], akan banyak yang beli tiket mudik," kata Eko kepada Harianjogja.com, Senin (5/2/2018).

Namun, Eko menjelaskan, dia juga memprediksi puncak arus mudik akan berubah ketika ada cuti bersama. Jika ada cuti bersama, prediksi puncak arus mudik ada pada H1-5 (10 Juni 2018).

Sedangkan untuk arus mudik, Eko memprediksi akan terjadi pada H2+4 (20 Juni 2018). Kembali lagi Eko mengatakan prediksi puncak arus balik tersebut masih bisa berubah.

Sementara itu untuk jumlah gerbong tambahan dan kursi untuk mudik Lebaran, Eko mengaku belum bisa memberitahukannya. "Paling tidak sebulan sebelum Lebaran disepakati. Saat ini masih melayani reguler, sekitar 9.000," kata Eko. Saat ini sarana dan prasarana kereta mudik pun sudah disiapkan.

Eko mengimbau masyarakat Kota Jogja untuk segera menentukan hari keberangkatan ke kampung halaman. Sebab tiket kereta untuk menuju kampung halaman harus dibeli tiga bulan sebelumnya. "Harus benar-benar direncanakan tanggal kepulangannya, pantau terus website dan situs traveloka untuk beli tiketnya," kata Eko.

Agar mempermudah masyarakat agar bisa mendapatkan tiket mudik, PT KAI Daop 6 saat ini terus gencar melakukan penjualan tiket mudik melalui beberapa platform digital. Bagi masyarakat yang ingin membeli tiket, bisa memperoleh dengan berbagai cara, antara lain melalui aplikasi KAI Access ataupun website resmi milik PT KAI. (Salsabila Annisa Azmi)