Pembangunan NYIA Diharapkan Mendorong Kredit Bank

09 Maret 2018 14:20 WIB Holy Kartika Nurwigati Kulonprogo Share :

Pembangunan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo menjadi peluang strategis bagi penyaluran kredit perbankan DIY

Harianjogja.com, JOGJA-Pembangunan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo menjadi peluang strategis bagi penyaluran kredit perbankan DIY. Pasalnya, sebagian besar penyaluran pembiayaan masih didominasi konsumsi, sehingga Loan to Deposit Ratio (LDR) perbankan di DIY masih relatif kecil di bawah nasional.

"Penyaluran kredit di DIY sebagian besar masih untuk konsumsi. Porsi kredit konsumsi DIY sekitar 36,95 persen. Cuma memang untuk modal kerja baru sekitar 39 persen, sebagian besar lagi untuk investasi," ujar Deputy Kepala Perwakilan Kpw BI DIY, Sri Fitriani, Jumat (9/3/2018).

Peluang untuk meningkatkan penyaluran kredit di DIY masih terbuka lebar. Mengingat LDR perbankan DIY baru mencapai 63%, jauh dari pencapaian nasional yang telah mencapai 90% lebih.

Fifin memaparkan pembangunan bandara baru di Kulonprogo, menjadi potensi besar dalam upaya meningkatkan LDR dan penyaluran kredit. Pembangunan bandara internasional ini akan merangsang pertumbuhan infrastruktur yang diharapkan dapat menumbuhkan potensi-potensi investasi baru.

"Akan tumbuh banyak peluang investasi penyokong bandara. Antara lain seperti restoran, hotel, pelatihan kerja dan lain sebagai. Di mana diharapkan investasi-investasi tersebut dapat dibiayai oleh perbankan," jelas Fifin.