Mau Belanja Online, Ini Dia Layanan Mereview Produk Sebelum Membeli

12 Maret 2018 22:40 WIB Bhekti Suryani Jogja Share :

Priceprice.com sediakan informasi produk online.

Harianjogja.com, JOGJA--Perkembangan dunia maya memberikan perubahan yang cukup signifikan pada beragam sektor, khususnya di proses jual beli. Pelanggan tidak lagi harus datang ke toko secara fisik untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Tinggal "klik", barang impian akan langsung diantarkan ke rumah pelanggan.

Kemudahan inilah yang mendorong aktifitas belanja online mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Namun ternyata segala hal positif yang ditawarkan pada transaksi online tidak sepenuhnya semulus yang diperkirakan. Banyak faktor yang akhirnya harus dipertimbangkan oleh pengguna Internet ketika mereka harus melakukan aktifitas ini. Misalnya dengan mencari-cari dulu referensi barang incaran melalui ulasan produk dari pengguna lain yang telah mencoba langsung, sebelum memutuskan untuk membeli secara online.

Saat ini online review memiliki peranan penting dalam mempengaruhi keputusan pengguna Internet. Padahal ulasan ini berasal dari orang lain yang belum pernah mereka kenal sebelumnya. Akan tetapi, karena orang tidak bisa memegang maupun mencoba langsung produk yang ingin mereka beli, akhirnya cara terbaik untuk memastikan kualitas produk yakni melalui review.

Cukup banyak penyedia informasi produk online, seperti priceprice.com, yang menyediakan fitur review agar pengguna dapat lebih leluasa mendapatkan opini dari pengguna lain. Melalui platform ini, pengguna tentunya juga dibebaskan untuk memberikan pendapat mengenai beragam produk, baik yang positif maupun negatif sekalipun. Jadi informasi yang tersedia bukanlah sepihak dari sisi produsen barang saja, namun juga penilaian dari konsumen yang telah menggunakan produk tertentu.

“Belanja online itu harus cermat sih. Aku sebelum beli biasanya bakal baca-baca review dulu. Soalnya kan kita enggak bisa lihat langsung barangnya,” ujar Fairus Sakinah, fashion influencer dari Jakarta, seperti dilansir melalui rilis priceprice.com yang diterima Harianjogja.com, Senin (12/3/2018).

“Selain itu, aku bakal lihat juga review-nya banyak atau enggak, terus rate atau bintang untuk produk atau penjualnya itu bagus atau enggak. Kalau review itu menyertakan foto tambahan dari pengalaman dia, itu bakal bikin lebih percaya lagi sih,” lanjut Fairus.

Selain ulasan produk, fitur forum sedikit banyak juga dapat membantu pengguna Internet untuk berdiskusi mengenai sebuah produk. Di priceprice.com, layanan ini cukup aktif dan menjadi media untuk bertukar pendapat. Tentu saja hal ini bisa memberikan kesempatan untuk mendapatkan informasi yang lebih interaktif dan aktual. (*)