Manda Baskoro, Kolaborasikan Kuning dan Gaya Urban

12 Maret 2018 10:55 WIB Sleman Share :

Ada lima busana terbaru buatannya yang diberi nama Meraki Menguning

Harianjogja.com, SLEMAN-Perancang busana Manda Baskoro, 26, meluncurkan outfit terbarunya dengan konsep urban. Kali ini iya menggunakan warna kuning sebagai warna utama untuk menonjolkan kesan ceria dan aktif.

Konsep urban, bagi Manda Baskoro adalah konsep yang baru kali ini ia jajal untuk rancangannya. Ada lima busana terbaru buatannya yang diberi nama Meraki Menguning. Kelimanya ditampilkan dalam peragaan busana Urban Innside #1 di Innside Melia Hotel Jogja, Jalan Ring Road Utara, Maguwoharjo, Sleman akhir Februari 2018.

“Konsep urban ini merupakan konsep yang saya buat di luar kebiasaan saya, biasanya saya membuat koleksi busana dengan gaya boho,” terang Manda kepada Harianjogja.com seusai acara.

Manda menjelaskan, bahwa meraki bermakna sesuatu hal yang dibuat dengan hati dan dengan cinta untuk digunakan. Sedangkan kuning, warna utama yang ia pilih, adalah warna favoritnya. “Saya ingin menghadirkan warna kuning dalam konsep urban karena menurut saya urban itu tidak harus warna-warna aman. Warna kuning yang cerah pun bisa dipadukan dan dikolaborasikan,” ujar Manda.

Dengan warna kuning tersebut, Manda juga berhasil menuangkan kesan ceria dan aktif bagi penggunanya. Koleksi busananya kali ini pun mendapat sambutan meriah dari penikmat mode yang hadir saat itu.

“Material kain yang digunakan dalam koleksi busana kali ini yaitu linen katun yang melewati proses pewarnaan kembali. Pada proses pewarnaan itu dilakukan oleh saya sendiri. Selain linen katun saya menggunakan fur [bulu] tapi yang sintetis,” ujar Manda.

Penggunaan fur sintetis diletakkan pada spot yang tidak terlalu banyak seperti lengan baju agar tetap nyaman digunakan sesuai gaya ready to wear (siap pakai) dan wearable (fleksibel dikenakan).

Dalam pemilihan cutting, Manda memilih yang sederhana. Kali ini tidak ingin menggunakan cutting a simetris. “Kali ini saya lebih mengguanakan potongan yang simpel, proporsional dan tetap wearable,” katanya.

Koleksi busana kali ini ditujukan untuk perempuan berusia 18-30 tahun yang aktif. Meraki Menguning menurut Manda bisa dikenakan dalam acara-acara santai, untuk nongkrong juga acara semi formal atau bahkan untuk ke kantor.

Untuk menyempurnakan penampilan dalam karya Meraki Menguning kali ini, Manda berkolaborasi dengan Bhu Studio untuk kalung, Amora Studio untuk anting-anting dan Kita Suka Idea untuk tas.

Ketertarikan Manda pada dunia seni dan desain telah tumbuh sejak kecil. Desainer yang lahir pada 1992 ini telah mengikuti berbagai event lokal hingga internasional dalam bidang seni, musik dan desain. Hingga pada 2015, Manda telah memiliki brand dengan nama Mengalun By Manda Baskoro. Mengalun mengangkat tema baju dengan gaya bohemian dan dikembangkan ke dalam berbagai tampilan seperti pop, urban, ethnic dan ready to wear.