Sebuah Rumah di Bantul Rusak akibat Tertimpa Pohon Tumbang

13 Maret 2018 20:20 WIB Sekar Langit Nariswari Bantul Share :

Pohon tumbang menimpa rumah milik warga Dusun Sanan, Bawuran, Pleret

Harianjogja.com, BANTUL-Pohon tumbang menimpa rumah milik warga Dusun Sanan, Bawuran, Pleret pada Selasa (13/3/2018). Akibatnya, atap bagian depan rumah tersebut rusak berat.

Pohon yang tumbang itu menimpa rumah milik Sri Puji setelah didera hujan beberapa waktu belakangan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini sedangkan kerusakana material diperbaiki dengan kerja bakti warga dan petugas.

Setelah pohon tersebut dibersihkan, petugas kemudian melakukan perbaikan pada atap rumah itu dengan mengganti genting yang pecah agar berfungsi kembali.

Atas kejadian ini, Kapolsek Pleret, AKP Sumanto menghimau masyarakat yang memiliki pohon yang dirasa sudah tua dan rawan tumbang untuk segera ditebang.

Selain itu, bisa pula dilakukan pemangkasan pada ranting yang rapuh agar kala diterpa angin kencang tidak mudah roboh. “Apalagi sekarang sering terjadi angin ribut,” katanya.

Pohon tumbang menjadi salah satu hal yang kerap terjadi di Bantul selama cuaca buruk. Masyarakat bisa mengajukan permintaan untuk bantuan pemangkasan pohon apabila membutuhkan.

Suharno, Kepala Seksi Tanggap Bencana Logistik BPBD Bantul mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana yang muncul.

Pekan lalu, setidaknya pohon tumbang di enam lokasi berbeda di Bantul karena didera angin kencang. Salah satunya yakni satu pohon yang tumbang di Kasihan menimpa dua mobil yang sedang diparkir milik konsumen rumah makan.