Sultan Minta Gua Kiskendo Tak Hanya Andalkan Sendratari Sugriwa Subali

13 Maret 2018 06:20 WIB Beny Prasetya Kulonprogo Share :

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengungkapkan sudah seharusnya Kulonprogo mempunyai kawasan wisata berbasis budaya

 

Harianjogja.com, KULONPROGO- Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengungkapkan sudah seharusnya Kulonprogo mempunyai kawasan wisata berbasis budaya.

Dalam pengajuan kawasan wisata, Raja Kraton Ngayogyakarto itu menginginkan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo memilih sendiri dalam pengusulan tersebut.

“Ya itu tergantung yang dianggap strategis tingkat kabupaten itu di mana, kan kami tidak mau menentukan,” katanya, di Kulonprogo, Senin (12/3/2018).

Lebih lanjut, Sri Sultan juga mengungkapkan bahwa hal tersebut ialah utang Pemerintah Kulonprogo kepada Pemerintah Daerah DIY terkait potensi daerah yang perlu dibiayai oleh Dana Keistimewaan.

Menurut Sultan Kawasan Wisata Gua Kiskendo tidak cukup hanya mengandalkan pementasan Sendratari Sugriwa Subali saja. Penambahan fasilitas penunjang juga sudah seharusnya  untuk segera Pemkab Kulonprogo usulkan ke Pemda DIY.

“Jadi bukan hanya objek wisata, tapi kawasan, jadi penduduk sekitar juga ikut disejahterakan. Kita bangun kios yang memenuhi syarat, lapangan parkir, dan lainnya agar penduduk sekitar juga ikut mendapatkan penghasilan tambahan,” katanya.