72 Relawan Lintas Negara Ikut Bangun Pemukiman Korban Bencana

16 Maret 2018 16:20 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Sejak Senin (12/3/2018) puluhan relawan mengikuti program tersebut hingga Jumat (16/3/2018) ini

Harianjogja.com, BANTUL-Pembangunan lima rumah dan satu pusat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Selopamioro, Imogiri, Bantul, melibatkan relawan lintas negara. Sejak Senin (12/3/2018) puluhan relawan mengikuti program tersebut hingga Jumat (16/3/2018) ini.

Pengerjaan bangunan tersebut melibatkan 72 relawan dari 20 unit bisnis Prudential di 11 negara di seluruh Asia. Pembangunan ke lima rumah dan satu gedung PUAD tersebut menghabiskan dana sekitar Rp500 juta.

Ketua Habitat for Humanity DIY Tanti mengatakan pembangunan tersebut dilaksanakan oleh Prudence Foundation bekerjasama dengan Habitat for Humanity. Anggaran satu rumah yang dibangun menghabiskan dana sekitar Rp36 juta atau Rp180 juta untuk lima rumah.

"Untuk pembangunan gedung PAUD menghabiskan dana sekitar Rp320 juta,'' ujar Tanti melalui rilisnya, Kamis (15/3/2018).

Nini Sumohandoyo, Corporate Communications dan Sharia Director PT Prudential Life Assurance mengatakan, aksi tersebut merupakan bagian dari Pudential Corporation Asia (PCA) yang dimulai sejak 2009 lalu. Program tersebut sebagai bentuk komitmen Prudential untuk membangung komunitas yang lebih aman dan kuat dalam menghadapi bencana alam.

"Ini juga menjadi media bagi karyawan dan tenaga pemasaran untuk ikut memberikan sumbangsih kepada masyarakat. Kami melibatkan sukarelawan Habitat for Humanity dalam program ini," katanya.

Hingga kini lebih dari 600 sukarelawan dari sejumlah bisnis unit Prudential di Asia mengikuti program ini. Program ini diterapkan di 10 Regional PruVolunteers Programme di enam negara seperti Indonesia, Vietnam, Filipina, Malaysia dan Thailand.

''Pembangunan rumah dan pusat pendidikan di Desa Selopamioro, Imogiri ini, merupakan kegiatan yang kedua di Indonesia. Sebelumnya kami gelar di Padang Sumbar usai gempa bumi 2009 lalu,'' katanya.

Prudence Foundation Chairman Donald Kanak mengatakan, ajang Regional PruVolunteers Programme merupakan ajang yang sangat dinanti oleh karyawan Prudential di seluruh Asia. '"Dari 72 sukarelawan tersebut, 22 di antaranya sukarelawan Prudential Indonesia,'' katanya.

Lewat program ini, karyawan Prudential dari berbagai negara tidak hanya saling berinteraksi tetapi juga terlibat langsung memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan.