Peningkatan Kualitas Koperasi Merupakan Keharusan

17 Maret 2018 08:20 WIB Sleman Share :

Penggunaan aplikasi akuntansi berbasis web akan digunakan oleh koperasi dalam melakukan pelaporan

Harianjogja.com, SLEMAN-Sekretaris pengurus Koperasi Serba Usaha Syariah BMT Agawe Makmur Nanan Danis mengatakan masih banyak koperasi dengan pengelolaan kurang baik dan susah untuk bersaing dengan badan usaha lainnya.

Namun, ada perbaikan-perbaikan yang dilakukan oleh koperasi, seperti dengan mulai adanya aplikasi akuntansi berbasis web. “Dengan menggunakan teknologi yang baik juga pengelolaan akuntansi yang baik, pelayanan akan cepat,” ujar Nanan, Kamis (15/3/2018).

Menurutnya, peningkatan kualitas menjadi suatu keharusan. “Itu tuntutan bagi koperasi agar menjadi lebih baik,” katanya.

Nanan mengatakan selain dukungan berupa pengembangan aplikasi akuntansi berbasis web, yang dibutuhkan oleh koperasi khususnya koperasi syariah yaitu dukungan pemberian sertifikasi dari Dewan Pengawas Syariah (DPS). “Sertifikasi akan menentukan anggaran dasar kami,” kata Nanan.

http://m.harianjogja.com/?p=903415&;preview=true">Baca juga : Koperasi di Sleman Kembangkan Aplikasi Akuntansi Berbasis Web

Penggunaan aplikasi akuntansi berbasis web akan digunakan oleh koperasi dalam melakukan pelaporan. Sampai saat ini sudah ada 15 koperasi yang dilibatkan. Setiap satu bulan sampai tiga bulan sekali koperasi akan melaporkan keuangannya dengan menggunakan web. “Nanti itu bisa dilihat oleh dinas koperasi,” ujar Nanan.

Nanan menambahkan, koperasi harus melakukan inovasi agar bisa menarik minat masyarakat. “Yang penting kalau kita di koperasi, harus memberikan edukasi, memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, dan memenuhi apa kebutuhan masyarakat,” katanya.