Saluran Drainase Sudah Uzur, Jalan Babaran Rawan Ambles

18 Maret 2018 10:20 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Penyebabnya, saluran drainase di sepanjang jalan tersebut usianya sudah tua

Harianjogja.com, JOGJA-Masyarakat yang melintas di Jalan Babaran diimau agar lebih waspada karena sepanjang jalan tersebut rawan ambles. Penyebabnya, saluran drainase di sepanjang jalan tersebut usianya sudah tua.

Pada awal Februari lalu, ruas jalan tersebut ambles di sisi utara jalan atau sekitar 50 meter dari Simpang Jalan Batikan. Pekan lalu, ruas jalan tersebut kembali ambles, lokasinya tidak jauh dari titik ambles pertama yang sudah diperbaiki.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPKP) Kota Jogja Aki Lukman Nurhakim mengakui sepanjang ruas Jalan Babaran rawan ambles. Untuk lokasi ambles, diakuinya, sudah mulai diperbaiki.

“Sudah saya pasang rambu-rambu juga di lokasi agar lebih hati-hati,” kata Aki melalui pesan singkat, Sabtu (17/3/2018).

Aki mengatakan, saluran drainase di sepanjang Jalan Babaran sudah seharusnya diganti karena sudah berusia lebih dari 20 tahun. Selain itu, saluran drainase yang terbuat dari semen dan batu kali itu kemungkinan sudah banyak yang rusak setelah diguncang gempa pada 2006 lalu, sehingga drainase sudah tidak bisa menahan tonase kendaraan dan menampung air hujan.