Ratusan Siswa Kelas VI DIY Ikut Tryout di SMP Muhammadiyah 7 Jogja

18 Maret 2018 22:20 WIB Jogja Share :

Sebanyak 788 siswa kelas VI SD dan Madrasah dari berbagai wilayah di DIY ikuti Uji Coba (UC) Ujian Sekolah ke-20 di SMP Muhammadiyah 7 Jogja

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 788 siswa kelas VI SD dan Madrasah dari berbagai wilayah di DIY ikuti Uji Coba (UC) Ujian Sekolah ke-20 di SMP Muhammadiyah 7 Jogja, Kotagede, Jogja, Minggu (18/4/2018).

Ketua Panitia UC Ujian Sekolah SMP Muhammadiyah 7 Jogja Fakhri Inayati mengungkapkan para peserta tersebar dari berbagai wilayah di DIY. "Ada 788 peserta dari 63 SD dan Madrasah yang tersebar dari Kota Jogja, Bantul dan Sleman. Peserta dari sekolah terbanyak dari SD Muhammadiyan Kleco, 110 peserta dan SD N  Glagah, 75 peserta," ujarnya, di sela kegiatan.

Fakhri mengatakan acara tahunan ini bertujuan mengenalkan peserta untuk lebih dekat dengan SMP Muhammadiyah 7 Jogja. Selain itu juga sebagai ajang persiapan menghadapi ujian akhir SD. "Tidak hanya sebagai pengenalan saja, tapi juga latihan bagi siswa kelas VI agar siap menghadapi UAS," katanya.

Acara yang berlangsung dari pukul 7.30-12.00 tersebut diisi dengan tes tertulis dari tiga mata pelajaran yakni, Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA.  Kemudian setelah peserta selesai mengerjakan tes, disuguhkan hiburan ekstrakurikuler dari para siswa SMP Muhammadiyah 7 Jogja.

"Tesnya dari jam 7.30-9.30, lalu dilanjutkan dengan pentas seni karya anak didik kami meliputi karawitan, seni musik, dalang cilik, seni tari dan masih banyak lagi," ujarnya.

Acara tersebut dilanjutkan dengan pengumuman hasil UC bagi 11 peserta peringkat tertinggi dan mendapatkan penghargaan berupa piala serta uang pembinaan. "Selain itu tiga besar peringkat tertinggi berhak masuk tanpa tes serta dapat beasiswa dan gratis SPP di SMP Muhammadiyah 7 Jogja," ujar Fakhri.

Di akhir acara diadakan pembagian doorprize berupa lemari es, sepeda gunung, kipas angin, dispenser dan beberapa hadiah lainnya.

Salah satu peserta, Nian Resti, 13, mengatakan dirinya senang dengan adanya acara ini. Siswa kelas VI asal SD Ndalem ini mengaku alasan dia mengikuti acara ini karena selain bisa menambah ilmu juga suka dengan ekstrakurikuler di SMP Muhammadiyah 7 Juga. "Saya suka tapak suci dan nari jadi pengen bisa mengenal lebih dekat dengan sekolah ini," ujarnya.

Peserta lain, Rafli Yuan, 12, mengatakan dirinya hanya coba-coba. Namun, ia menambahkan tetap punya keinginan untuk bersekolah di SMP Muhammadiyah 7 Jogja. "Saya ikut ini [UC] karena penasaran, dan memang bagus. Saya juga ada niatan sekolah di sini," ujarnya.