SD MP3 Jogja Juara Umum Lomba Drumband di Kids Fun

19 Maret 2018 08:20 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Kids Fun Yogyakarta menjadi saksi sejarah baru dalam penampilan karya terbaiknya siswa-siswi SD MP3 Yogyakarta

 

Harianjogja.com, JOGJA- Kids Fun Yogyakarta menjadi saksi sejarah baru dalam penampilan karya terbaiknya siswa-siswi SD Muhammadiyah Pakel (MP3) Yogyakarta melalui lomba Drumband tingkat DIY, Sabtu (17/3/2018)

Korp Drumband MP4 SD MP3 mengikuti ajang lomba bergengsi di Kids Fun dengan mengerahkan segala tenaga dan usahanya serta oleh para pendukungnya. Sedikitnya 60 siswa yang tergabung dalam korp Drumband tersebut bergelut mengalahkan beberapa SD tandingan lainnya. Lomba diikuti oleh puluhan TK dan SD se-DIY.  Namun hanya ada 5 SD yang berlomba dalam Kategori Divisi Utama untuk menampilkan karya terbaiknya pada perlombaan tersebut.

Korp Drumband MP4 SD MP3 mendapatkan nomor undian ke-3 dalam lomba Kategori Divisi Utama yakni mulai main jam 14.00 WIB. Walaupun demikian, anak-anak tetap terlihat semangat menunggu giliran. Dukungan penuh dari sekolah maupun para suporter yang merupakan kumpulan dari wali siswa dan orangtuanya menjadi magnet penyemangat tersendiri buat mereka.

"Sekolah berusaha memfasilitasi dengan segala kemampuannya agar anak-anak semakin tumbuh dan berkembang karakternya melalui Korp Drumband MP4 tersebut. Pasalnya mereka yang tergabung dalam team tersebut selalu dituntut untuk disiplin waktu, jujur, sabar, mandiri, percaya diri, saling kerjasama serta saling menghargai," kata Dahuri selaku Humas sekolah.

Karakter siswa dapat terbangun dengan indah dan megah melalui kegiatan Drumband tersebut. Misalnya karakter jujur dan sabar, anak-anak tidak bisa sembarangan memukul alat yang dibawanya, harus sesuai ketentuan yang ditugaskan kepadanya.

Siswa tidak bisa protes apalagi mendahului memainkan alatnya sebelum tiba gilirannya. Selain itu karakter disiplin akan senantiasa melekat dalam dirinya sebab dibutuhkan kedisiplinan waktu dan konsistensi dalam bermain alat waktu sedang berlatih maupun saat lomba.

Lebih dari itu, karakter kerjasama akan senantiasa terbangun karena mereka memainkan alat-alat yang berbeda namun saat mereka mampu bekerjasama dengan baik sesuai dengan ketugasannya akan memunculkan harmoni yang indah. Apabila ada anak yang saling mendahului ataupun ingin tampil berbeda, jelas akan merusak rasa lagu yang dibawakannya.

Tibalah saatnya korp Drumband MP4 SD MP3 dipanggil untuk unjuk gigi. Melalui 3 lagu yang dimainkan yaitu Jingle Kids Fun, Maha Dewi dan Medly Padi ternyata mampu meluluhkan dan menyejukkan hati para dewan juri yang sedang bergumul melawan kegerahan cuaca.

Dengan penuh semangat dan percaya diri, anak-anak tampil memukau di atas panggung utama. Sorak sorai tepuk tangan para supoter menghiasi udara dan bergema di atas awan. Gemuruh teriakan penyemangat menjadi amunisi tersendiri bagi anak-anak untuk tampil maksimal.

Akhirnya, Korp Drumband MP4 SD MP3 mampu memboyong beberapa piala. Adapun diantara piala yang berhasil dibawa pulang adalah, Juara 1 Kategori Konser Divisi Utama, Juara1 Kategori Jingle Kids Fun Divisi Utama, Juara 1 Kategori Gitapati Divisi Utama, Juara 3 Kategori Paramanandi Divisi Utama, Juara Favorit dengan penonton dan suporter terbanyak, Best Colour Guard Divisi Utama dan Juara Umum.

Ketua suporter Korp Drumband MP4 SD MP3, Wida Findia Artha Kuncoro mengatakan pihaknya selaku orang tua sangat senang dengan kegiatan seperti ini. "Anak-anak akan lebih teratur dalam mengatur waktu serta mereka akan terbiasa hidup sesuai aturan," katanya.