Amankan Pilkada dan Pemilu dengan Soliditas TNI Polri

20 Maret 2018 09:55 WIB I Ketut Sawitra Mustika Jogja Share :

Dengan soliditas antara TNI dan Polri, pesta demokrasi bisa berjalan dengan aman dan tertib

Harianjogja.com, JOGJA-Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan TNI siap membantu kepolisian Republik Indonesia dalam menyukseskan pesta demokrasi. Ia yakin dengan soliditas antara TNI dan Polri, pesta demokrasi bisa berjalan dengan aman dan tertib.

Hal itu disampaikan Hadi dalam acara Makan Malam Panglima TNI bersama TNI dan Polri di Wilayah DIY. Acara ini berlangsung di Monumen Diponegoro, Senin malam (19/3/2018). Ia menyebutkan, Indonesia tahun ini akan menghadapi Pilkada serentak di 171 daerah. Tahun berikutnya, Indonesia kembali mengadakan perhelatan akbar, yakni Pemilu Legislatif yang berbarengan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden.

Hadi mengungkapkan, TNI akan senantiasa memberikan dukungan kepada Polri untuk menyukseskan kedua pesta demokrasi itu. "Saya yakin dengan soliditas TNI dan Polri semua bisa berjalan dengan baik."

Soliditas antara TNI dan Polri yang terjalin seperti saat ini, lanjut Hadi, merupakan hal yang sangat diharapkan oleh masyarakat. Ia pun berjanji akan terus menjaga kerukunan dua instansi tersebut, sebab soliditas adalah yang utama.

Polri dan TNI, imbuhnya, memiliki tugas yang berbeda, tetapi memiliki tujuan yang sama. Kedua instansi tersebut saling mengisi satu sama lain demi tegaknya NKRI dan terjaganya keutuhan wilayah.

Hadi menambahkan, TNI beserta Polri berkomitmen menjaga netralitas dalam pemilu. Netralitas ia sebut sebagai segalanya. "Ada senior TNI dan Polri yang jadi calon kepala daerah. Saat sudah menjadi calon tidak ada lagi hubungan senior junior, tetapi silaturahmi terus terjalin."

Ia memang mengaku sempat mendengar ada laporan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tentang keterlibatan anggota TNI dalam kampanye. Hadi telah melakukan pemeriksaan dan hasilnya tidak ada anggota TNI yang terlibat.

Acara makan malam itu dimeriahkan oleh Sinergi Band, yang merupakan gabungan antara personel TNI dan Polri. Menjelang akhir acara, Hadi naik panggung dan menyanyikan dua lagu andalan Chrisye, Cintaku serta Galih dan Ratna.

Saat bernyanyi di atas panggung, semua hadirin tampak antusias mendengarkan. Mereka bangkit dari kursi dan bertepuk tangan. Bahkan beberapa taruna-taruna muda berbaju ketat maju ke depan panggung. Sehabis Sang Panglima bernyanyi, taruna-taruna itu berteriak dengan penuh keyakinan. "Jos gandos. Mantap."