Advertisement

Kementerian Agama Ingin Membangun Embarkasi Baru Di DIY

I Ketut Sawitra Mustika
Rabu, 21 Maret 2018 - 21:20 WIB
Nina Atmasari
Kementerian Agama Ingin Membangun Embarkasi Baru Di DIY

Advertisement

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY menilai Pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) perlu disikapi lebih lanjut dengan membangun embarkasi baru di wilayah DIY

Harianjogja.com, JOGJA--Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY menilai Pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) perlu disikapi lebih lanjut dengan membangun embarkasi baru di wilayah DIY.

Advertisement

Pengalihan sebagian penerbangan jamaah haji ke NYIA dianggap bisa meningkatkan pelayanan penyelenggaraan ibadah haji. Tapi, rencana itu masih perlu pembicaraan lebih lanjut terkait pengadaan lahan.

Berdasarkan hasil kajian Kanwil Kemenag DIY, disebutkan bahwa pembangunan embarkasi Jogja memiliki beberapa keunggulan. Pertama, Embarkasi Jogja membuat pelayanan lebih nyaman bagi jemaah haji.

Apalagi jumlah jemaah dengan usia tua dan risiko tinggi semakin banyak. Selama ini jemaah haji DIY dan Jawa Tengah diberangkatkan bersama melalui embarkasi Solo (SOC).

Dari data yang ada, pada 2016 lalu, 69% jamaah haji DIY dan Jawa Tengah yang tergabung dalam embarkasi Solo tergolong berisiko tinggi. Yang sehat hanya 31%. Jika dilihat dari kelompok usia, jemaah haji SOC yang paling banyak adalah kelompok umur 51-60 tahun.

Dengan usia yang tua dan risiko tinggi, jemaah dari Jawa Tengah bagian barat harus menempuh perjalanan yang panjang sebelum sampai SOC. Jika dibangun embarkasi baru di DIY, maka jarak yang harus ditempuh umat lebih pendek. Pasalnya, ditinjau dari jarak geografis, sebagian kabupaten dan kota di Jawa Tengah lebih dekat dengan DIY dibandingkan Solo.

Keuntungan berikutnya dari pembangunan embarkasi Jogja adalah efisiensi penyelenggaraan haji. Bandara Adi Sumarmo memiliki runway sepanjang 2.600 meter. Dengan runway sepanjang itu, pesawat yang bisa landing adalah Airbus 330 dengan kapasitas 360 jemaah. Adapun NYIA akan memiliki landasan pacu sepanjang 3.600 m yang bisa didarati pesawat Boeing 747 dengan kapasitas 455 jemaah.

"Intinya ini akan menguntungkan jemaah dalam konteks meningkatkan pelayanan yang lebih mudah dan nyaman. Terlebih, banyak jemaah kita yang tua-tua. Masa tunggu juga akan semakin lama, otomatis ke depan jemaah lansia akan semakin banyak. Risikonya jadi lebih tinggi, karena itu dibutuhkan pemikiran supaya jemaah terlayani dengan nyaman," ujar Kepala Seksi Sistem Informasi Haji Kanwil Kemenag DIY Imam Khoiri, Rabu (21/3/2018), usai berdialog dengan Komisi D DPRD DIY.

Anggota Komisi D DPRD DIY Hamam Mutaqin mengatakan, Pemerintah Pusat dengan gagahnya menargetkan NYIA beroperasi pada 2019. Karena itu pada tahun yang sama, pembangunan embarkasi juga sudah harus dipersiapkan, sehingga 2020 sudah bisa beroperasi.

Terkait dengan lahan, Hamam menyebut itu bukanlah masalah besar. "Tanah kosong masih banyak di Kulonprogo. Di tepi pantai, daerah pegunungan, perkotaan. Enggak ada problem. Tinggal ada kemauan kebijakan dari Pemda [DIY] saja. Lokasi embarkasi memang sebaiknya dekat dengan bandara."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 30 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement