Pandeyan Jadi Sasaran TMMD

22 Maret 2018 23:40 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Kodim 2734 Jogja laksanakan pembangunan fisik di Kota Jogja.

Harianjogja.com, JOGJA--Kodim 2734 Jogja akan menggelar kegiatan bakti sosial melalui TNI Manungal Membangun Desa (TMMD) Regional ke-101. Kegiatan yang dibiayai dari APBD Kota Jogja dan provinsi ini dipusatkan di Kelurahan Pandeyan, Umbulharjo.

Kegiatan yang dilaksanakan di antaranya pembangunan talut bronjong sepanjang 86 meter di bantaran Sungai Gajahwong, Kampung Legawong, Pandeyan, perbaikan MCK, perbaikan rumah tidak layak huni sebanyak 10 unit, rehabilitasi balai RW dan sekolah di kampung setempat.

Selain kegiatan fisik, kegiatan nonfisik di antaranya penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, pengobatan gratis, dan pentas kesenian. "Kegiatan fisik dan nonfisik akan dilaksanakan setiap hari selama pelaksanaan TMMD," kata Komandan Kodim 0734 Jogja, Letnan Kolonel Rudi Firmansyah, di Balai Kota Jogja, Kamis (22/3/2018).

TMMD Regional ke-101 Kodim 0734 ini akan dilaksanakan mulai 28 Maret hingga 26 April mendatang. Semua kegiatan dipusatkan di Kelurahan Pandeyan, Umbulharjo. Rudi mengatakan total anggaran kegiatan Rp876 juta dari APBD Kota Jogja, RP100 juta dari APBD DIY, dan TNI Angkatan Darat Rp367 juta.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi menyambut baik kegiatan tersebut karena dapat membantu Pemerintah Kota Jogja dalam percepatan pembangunan dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat. "TMMD ini juga menjadi pemicu pemberdayaan masyarakat," kata Heroe.

Kodim 0734 melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis menyatakan, kegiatan TMMD merupakan bentuk kontribusi TNI kepada masyarakat. "Terik panas matahari serta kucuran keringat maupun guyuran hujan yang menerpa tidak dapat
menghentikan semangat gotong royong prajurit Satgas TMMD untuk dapat membantu
masyarakat Pandean, Umbulharjo guna kepentingan bersama, kami siap berperang
menghadapi semua itu," ungkap salah seorang prajurit Satgas TMMD.

Berkontribusi terhadap masyarakat melalui tugas pokok selain perang dengan melaksanakan pembangunan fisik maupun nonfisik di daerah dinilai sebagai tugas TNI selain perang.

Operasi militer selain perang ini tentunya tidak kalah penting dari operasi militer perang karena diperlukan jiwa rela berkorban semangat bergotong-royong, guyub bersama mayarakat serta jiwa nasionalisme yang tinggi guna membangun wilayah teritorial Kodim 0734/Jogja yang masih di bawah garis kemiskinan dan terus memacu semangat dalam pengabdian yang tinggi kepada nusa dan bangsa dalam memajukan masyarakat di daerah Pandeyan.