Penerimaan Pajak DIY Awal Tahun Ini Meningkat Signifikan

26 Maret 2018 13:55 WIB Salsabila Annisa Azmi Jogja Share :

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini selama dua bulan pertama DIY mengalami pertumbuhan penerimaan pajak

Harianjogja.com, JOGJA – Tahun ini Direktorat Jenderal Pajak (DJP) DIY menargetkan penerimaan pajak sebanyak Rp5,4 triliun. Hingga seminggu yang lalu, penerimaan pajak DIY mencapai Rp862 Miliar.

Selain itu, berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini selama dua bulan pertama DIY mengalami pertumbuhan penerimaan pajak.

Kepala Kanwil DJP DIY, Dionysius Lucas Hendrawan, mengatakan bahwa pada tahun-tahun sebelumnya, di bulan Januari dan Februari, penerimaan pajak di DIY selalu mengalami pelambatan. Namun tahun ini, penerimaan di DIY mengalami pertumbuhan yang cukup besar.

“Dua bulan ini terjadi kenaikan yang sangat signifikan terkait penerimaan pajak DIY sebesar 25,88%. Prosentase yang menurut kami sangat besar,” kata Lucas beberapa hari yang lalu.

Lucas mengatakan pihak DJP DIY akan menggenjot penerimaan pajak dan mempertahankan prosentase pertumbuhan tersebut. Menurut Lucas, jika angka pertumbuhan tersebut dipertahankan setiap bulan, maka pada 2018 DIY dapat mencapai surplus penerimaan pajak.

Lucas menyebutkan sampai 21 Maret ada tiga pilar yang menjadi sumber penerimaan terbesar di DIY yaitu KPP Sleman, KPP Bantul dan KPP Jogja.

Sedangkan untuk SPT, terdapat 234.931 WP yang melaporkan SPTnya. Jumlah tersebut telah melampaui targetnya yaitu 186.446 WP. Maka pada 2017 kepatuhan mencapai 72%.

"Target kepatuhan tahun ini meningkat jadi 75% baik itu manual atau melalui e-filing. Karena ini mendekati batas akhir lapor SPT, diharap segera melaporkan SPT tahunannya secara e-filing karena dapat dilakukan dimana saja," kata Lucas.