Advertisement

Probosutedjo Gratiskan Uang Kuliah Anak Petani

Sunartono
Selasa, 27 Maret 2018 - 07:40 WIB
Bhekti Suryani
Probosutedjo Gratiskan Uang Kuliah Anak Petani

Advertisement

Kerap jamu orang tua peserta wisuda.

Harianjogja.com, BANTUL--Probosutedjo dikenal sebagai pendiri sejumlah lembaga pendidikan, salah satunya Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Adik tiri penguasa Orde Baru itu menyimpan banyak kenangan manis dalam proses akademik di lingkungan kampus tersebut.

Advertisement

Rektor UMBY Alimatus Sahrah mengatakan almarhum Probosutedjo dikenal sebagai sosok yang berjasa di bidang pendidikan. Sebagai pendiri UMBY, almarhum banyak memberikan kemudahan dalam proses akademik. Bahkan Probo memberikan perhatian khusus kepada mahasiswa anak petani.

"Kalau ada mahasiswa anak petani, kalau mau, udah enggak usah bayar, gratis, beliau begitu. Karena pada awal pendirian [kampus] sebagai Institut Pertanian," ungkapnya kepada Harianjogja.com, Senin (26/3/2018)

"Dan beliau soal uang SPP itu tidak pernah minta, malah kalau bisa selalu ingin ngasih [memberi untuk pengembangan pendidikan], karena ingin kampus ini berguna bagi masyarakat," imbuhnya lagi.

Alimatus mengatakan, sosok Probo sangat sederhana dan tidak mementingkan diri sendiri, selalu mengutamakan masyarakat luas. Beberapa kali almarhum datang dalam wisuda di UMBY. Kedatangannya selalu membawa kebahagiaan tersendiri bagi peserta wisuda dan keluarganya.

http://m.harianjogja.com/?p=906200">Baca juga : Probosutedjo Pernah Hidup Melarat Sebelum jadi Pengusaha Sukses

"Misalnya ada wisuda beliau rawuh,  itu kayak pesta rakyat, artinya tidak hanya yang wisuda saja yang makan tetapi seluruh keluarga peserta wisuda itu juga [dijamu] makan," kata dia.

Probo juga selalu memberikan beasiswa khusus kepada peserta wisuda terbaik. "Biasanya dikasih uang sama beliau, pokoknya harus melanjutkan S2, ayo sekolah lagi," kenangnya.

http://m.harianjogja.com/?p=906253">Baca juga : Jenazah Probosutedjo Tiba di Jogja

Selan dikenal dermawan di lingkungan akademik, Probo juga dikenal memiliki jiwa sosial tinggi di masyarakat. Alimatus mengatakan, jelang Ramadhan seperti bulan ruwah biasanya paling ditunggu karena sering memberikan sedekah kepada masyarakat.

"Semoga amal beliau diterima Allah SWT dan diampuni segala dosanya, semoga khusnul khotimah," tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement