Advertisement

Museum Vredeburg dan Museum Dirgantara Jadi Tujuan Favorit Wisatawan

Salsabila Annisa Azmi
Selasa, 03 April 2018 - 16:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Museum Vredeburg dan Museum Dirgantara Jadi Tujuan Favorit Wisatawan Museum Vredeburg, Selasa (3/4/2018). (Harian Jogja - Salsabila Annisa Azmi)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kunjungan wisatawan ke museum Jogja terus didongkrak. Beberapa upaya yang dilakukan adalah kerja sama dengan paket wisata dan menggaet komunitas untuk berkegiatan di dalamnya. Museum yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Museum Vredeburg dan Museum Dirgantara.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja Yunianto Dwi Sutono mengatakan, pembinaan pengelola museum memang dilakukan oleh Dinas Pariwisata DIY. Namun Dinas Pariwisata Kota Jogja juga berupaya mempromosikan museum sebagai salah satu destinasi yang menarik dikunjungi. "Khususnya untuk target wisatawan yang masih pelajar, karena di dalamnya sarat dengan kejayaan history masa lalu," kata Yunianto, Selasa (3/4/2018).

Advertisement

Kerja sama dengan Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) DIY dan Perhimpunan Hotel dan Resto Indonesia (PHRI) DIY pun dilakukan dengan memasukkan kunjungan museum ke dalam paket wisata. "Respons kunjungannya bagus, banyak yang ambil museum Vredeburg dan museum Dirgantara. Itu dipaketkan dengan Taman Pintar, Kraton dan Malioboro," kata Yunianto.

Selain itu, kunjungan dan edukasi museum juga dilakukan dengan kegiatan travel dialog dan table top di luar Jogja.

Pengurus Badan Musyawarah Museum Ki Bagus Widodo mengatakan, kesuksesan pemasaran museum bukan hanya soal tingkat kunjungan, melainkan juga bagaimana masyarakat berkegiatan di dalamnya. "Sebagai percontohan yang sukses itu Museum Sonobudoyo, diskusi kepala museum diadakan di sana, bersama komunitas juga," kata Ki Bagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement