Advertisement

UPN Tergabung di Konsorsium Penambangan Terbuka

Sunartono
Senin, 23 April 2018 - 09:10 WIB
Laila Rochmatin
UPN Tergabung di Konsorsium Penambangan Terbuka Ilustrasi wisuda mahasiswa. (Reuters - Fabian Bimmer)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN --Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta kembali meluluskan 498 intelektual muda dalam wisuda periode ketiga tahun akademik 2017/2018, Sabtu (21/4/2018). Rektor UPN Prof. Sari Bahagiarti menyampaikan sejumlah perkembangan akademik di kampus bela negara itu, salah satunya keterlibatan UPN dalam Konsorsium Univeristas untuk Metode Penambangan Terbuka (KUMPT). Total peserta wisuda berjumlah 489 orang terdiri atas 41 dari program magister dan 448 sarjana, sebanyak 133 orang dengan predikat cumlaude.

Indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Muh Nur Khoiruddin dari Prodi Akuntansi dan Vita Maulidina Pratiwi dari Prodi Ilmu Komunikasi dengan IPK 3.97. Empat peserta wisuda dari magister juga mendapatkan predikat cumlaude,  IPK tertinggi 3,90 diraih oleh Leonardo Damanik dari Prodi Teknik Geologi Fakultas Teknologi Mineral.

Rektor menjelaskan pihaknya bersama sejumlah perguruan tinggi membentuk KUMPT pada 25-29 Maret 2018 lalu. Sejumlah PT lain yang terlibat antara lain, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Tanjungpura dan Universitas Palangka Raya. Pembentukam konsorsium itu untuk membangun visi yang sama melalui KUMPT menjadi badan kerja sama terkemuka. Hal itu bertujuan memberikan kontribusi konstruktif untuk industri pertambangan terbuka yang dilakukan secara internasional di daerah beriklim tropis atau daerah ekuator.

"Tujuan lainnya untuk menyediakan wadah kerja sama antarpeneliti dari berbagai bidang ilmu di universitas anggota KUMPT untuk integrasi dan sinkronisasi kegiatan riset yang terfokus pada pengembangan metode penambangan terbuka," kata Sari dalam sambutan di hadapan orang tua peserta wisuda.

Ia menambahkan bersama tim konsorsium telah mengunjungi China University of Mining Technology di Xouzon. Dalam kunjungan itu sekaligus menandatangani kerja sama antara keempat anggota konsorsium universitas dengan  China University Of Mining And Technology (CUMT).

Selain itu, pada pertemuan tersebut dibahas terkait penyelenggaraan workshop dan join konferensi, pertukaran mahasiswa, magang atau summer school hingga internship di proyek penambangan batubara bawah tanah pada Golden Underground Mining di Jiangsu, Tiongkok.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement