Advertisement

Seru dan Megahnya Glagah Tropicolorun di Kulonprogo

Anton Wahyu Prihartono
Minggu, 29 April 2018 - 09:58 WIB
Kusnul Isti Qomah
Seru dan Megahnya Glagah Tropicolorun di Kulonprogo Glagah Tropicolorun di Pantai Glagah, Kulonprogo, Minggu (29/4/2018). - Harian Jogja/Anton Wahyu Prihartono

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Event Glagah Tropicolorun 2018 di Pantai Glagah, Kulonprogo berlangsung megah dan meriah. Para peserta yang datang menikmati keseruan event yang digelar Minggu (29/4/2018).

Peserta memulai start pukul 06.55 WIB dan diikuti 1.800-an peserta. Bendera start dikibarkan oleh General Manager  PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Agus Pandu Purnama.

Advertisement

Para peserta itu datang dari berbagai daerah di DIY dan luar DIY seperti dari Cilacap, Purworejo, Bali, dan daerah lainnya.

Sekitar pukul 07.20 WIB peserta sudah mulai selesai menempuh jarak lima kilometer. Best Time Finiser diraih oleh Rahmad Setya Budi dengan catatan waktu 22 menit 20 detik. Setelah selesai finis, peserta langsung disiram dengan serbuk berbagai warna. Acara semakin meriah begitu peserta berkumpul di depan panggung dan diguyur serbuk warna-warni diiringi dengan penampilan DJ yang membawakan electronic dance music.

“Saya sangat puas dan senang ikut acara ini. Acaranya keren banget,” ujar Dita peserta dari Jogja kepada Harianjogja.com, di tengah-tengah berlangsungnya acara tersebut.

Event lari santai dengan rute sepanjang lima kilometer ini menyedot banyak peserta hingga lebih dari 1.300 orang. Padahal, panitia hanya menargetkan 1.000 peserta. Rute sepanjang lima kilometer yang dilewati peserta terbagi jadi dua zona, yakni jalan raya yang melewati area pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan bibir Pantai Glagah, Kulonprogo.

Peserta saat dilepas di garis start. (Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Peserta melewati rute yang berada di bibir pantai Glagah. (Harian Jogja/Gigih M Hanafi)

Peserta yang mencapai garis finis ditabur pewarna. Sebanyak 500 finisher pertama diberikan medali. (Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Acara ini diselenggarakan Dinas Pariwisata Kulonprogo bekerja sama dengan PT. Angkasa Pura I. Selain untuk menyambut dimulainya pembangunan NYIA, acara ini digelar sekaligus untuk memperkenalkan potensi wisata di Kulonprogo.

Ketua Panitia Glagah Tropicolorun 2018 Eko Soetarmo mengatakan, acara lari santai nan gembira ini dimulai dari Laguna Pantai Glagah dan diakhiri di tempat itu pula. 

"Setelah melewati garis finis, peserta diarahkan ke color festival untuk menari mengikuti irama musik ceria dari band penampil. Dalam event ini peserta lari disuguhkan pengalaman dan sensasi yang seru, lebih cerah dengan lima warna-warni tropis yang mewakilkan pesona alam tropis Kulonprogo," ucapnya.

Kabid Pemasaran Dispar Kulonprogo, Yudono Hindri Atmoko, mengaku acara yang digelar merupakan kegiatan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Pantai Glagah. "Harus dirangsang lagi agar wisatawan berkunjung ke Kulonprogo. Saat bandara NYIA selesai dibangun, wisatawan sudah terbiasa berkunjung ke Kulonprogo," katanya.

Menurutnya, acara tersebut bakal menjadi acara tahunan rutin Pemkab Kulonprogo. "Melihat animo warga yang luar biasa, acara ini akan kami agendakan rutin setiap tahun dan dikemas lebih menarik lagi," katanya.

GM PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama mengaku bakal terus mendukung upaya Pemkab Kulonprogo mempersiapkan diri sebelum beroperasinya NYIA. "Kami akan mendukung Pemkab Kulonprogo, dan sebaiknya dibuat acara rutin tahunan," ujarnya.

Simak foto dan video lainnya di sini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement