Advertisement

42 Regu SMP dan SMA Ramaikan Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman

Salsabila Annisa Azmi
Minggu, 06 Mei 2018 - 22:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
42 Regu SMP dan SMA Ramaikan Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman Laksamana TNI (P) Dr Marsetio (tengah berbaju putih) berfoto bersama siswi-siswi perwakilan tim lomba cerdas cermat, Sabtu (5/5/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Museum Bahari Yogyakarta  bekerja sama dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta kembali menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman SMP dan SMA se-DIY untuk memperingati HUT Museum Bahari ke-9. Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman tahun ini memperebutkan piala Laksamana TNI (P) Dr Marsetio yang merupakan Penasihat Senior Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman.

Laksamana TNI (P) Dr Marsetio mengatakan, dia sangat mengapresiasi penyelenggaraan Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman. "Saya sangat berterima kasih pada penyelenggara. Harapannya acara ini akan menggugah siswa untuk mencintai bidang kemaritiman," kata Marsetio dalam pembukaan Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman di Hall Hotel Dermaga Keluarga, Jalan Sonosewu Ambarbinangun, Sabtu (5/5/2018).

Advertisement

Pembina Museum Bahari Yogyakarta, Laksamana Madya TNI (P) Yosafat Didik Heru Purnomo mengatakan tujuan dari diadakannya lomba tersebut bukan untuk mencari menang dan kalah, namun agar pelajaran-pelajaran siswa DIY terhadap kemaritiman meningkat. Pasalnya, menurut dia, pelajaran tentang kemaritiman di DIY masih minim.

Yosafat mencontohkan anggapan dari masyarakat bahwa bermain atau pergi ke laut selatan selalu berbahaya. Padahal bahaya juga bisa terjadi karena kurangnya pemahaman untuk menjaga keamanan di laut. Harapannya dengan perlombaan ini akan memberi siswa pemahaman-pemahaman baru tentang kemaritiman.

"Jadi supaya kita bersama-sama menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang kuat," kata Yosafat.

Ketua Panitia Lomba Cerdas Cermat Kemaritiman HUT Museum Bahari ke-9, Letkol Laut (P) R Haryo Wiji Pratomo mengatakan, jumlah peserta kemaritiman meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu. Haryo mengatakan, terdapat 24 regu SMA dan 18 regu SMP yang akan memperebutkan juara satu, dua, dan tiga.

"Juara satu akan mendapat piala Laksamana TNI [P] Dr Marsetio, juara dua dapat piala Komandan Lanal Yogyakarta dan juara ketiga mendapat piala Museum Bahari," kata Haryo.

Ada pula juara favorit yaitu siswa yang memenangkan perlombaan orasi ilmiah kemaritiman. Lomba orasi lmiah kemaritiman diadakan bersamaan dengan lomba cerdas cermat di tempat yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Turki Pukul Israel dengan Embargo Hubungan Perdagangan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement