Advertisement

Hati-Hati kalau Jajan! Kerupuk dengan Rhodamin B Beredar di Pasar Wates

Uli Febriarni
Rabu, 09 Mei 2018 - 17:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Hati-Hati kalau Jajan! Kerupuk dengan Rhodamin B Beredar di Pasar Wates Ilustrasi pemeriksaan makanan di pasaran. - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) DIY menemukan kerupuk mengandung pewarna Rhodamin B saat pengawasan bahan makanan di Pasar Wates, Selasa (8/5/2018).

Pengawas Farmasi BPOM Jogja, Rossy Hartati mengatakan, dalam pengawasan yang digelar, BPOM mengambil sampel 13 bahan makanan. Sebagian besar sampel makanan yang diambil yakni kerupuk, mi basah, klanting dan rengginang.

Advertisement

Berdasarkan hasil uji langsung, dari 13 sampel bahan makanan, ada dua sampel kerupuk sermier positif mengandung Rhodamin B. Kerupuk itu diambil dari dua pedagang berbeda. Berdasarkan pengakuan kedua pedagang, kerupuk sermier itu berasal dari Kabupaten Purworejo.

"Rhodamin B bukan pewarna untuk makanan dan membahayakan kesehatan. Bila dikonsumsi dalam jangka panjang bisa menimbulkan penyakit kanker," kata Rossy, Selasa.

BPOM selanjutnya memberikan pembinaan kepada pedagang, meminta kerupuk dikembalikan ke pemasok. Petugas juga meminta kedua pedagang tidak menjual kerupuk itu lagi. Untuk memutus rantai penjualan, BPOM juga memberikan rekomendasi ke pengelola pasar mengenai informasi hasil uji laboratorium.

“Sejauh ini untuk suplai barang-barang di pasar di bawah pengawasan pengelola pasar, sepenuhnya ada di pengelola pasar. Kami hanya bisa menginformasikan hasil uji laboratorium ini," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Agresi Israel, Penduduk Gaza Diperkirakan Krisis Pangan dalam Enam Pekan Lagi

News
| Kamis, 25 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement