Lebaran, Sisi Barat Malioboro Sudah Bisa Buat Jalan-Jalan

Malioboro - Harian Jogja/Gigih M Hanafi
20 Mei 2018 09:17 WIB I Ketut Sawitra Mustika Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Cor beton induk di sepanjang sisi Barat Malioboro, yang saat ini tengah dipugar, sudah rampung dikerjakan. Bahkan, di beberapa lokasi, lantai beton sudah dilapisi teraso. Dengan demikian, pada libur Lebaran nanti, wisatawan yang hendak berbelanja sudah punya akses, meski tidak senyaman sisi timur.

Manajer PT F Syukri Balak, kontraktor penataan sisi barat Malioboro, Eri Purnomo mengatakan, pekan ini, proyek revitalisasi sudah mulai colling down, karena struktur utama penataan Malioboro sebagian besar sudah selesai dikerjakan.

"Lantai beton sudah semua. Hanya tinggal di Kantor Pos [Besar Jogja], karena masih dipakai parkir dan ada izinnya. Bahkan sebagian sudah di teraso, seperti di lorong-lorong toko. Tetapi memang belum diselep [dihaluskan]," kata Eri saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (18/5/2018).

Penataan Sisi Barat Malioboro secara total akan dihentikan pada H-7 Lebaran. Eri menjelaskan, pada H-14 Lebaran, pekerjaan sudah mulai dihentikan. Para periode antara H-14 dan H-7, para pekerja hanya akan fokus bersih-bersih dan menutup lubang-lubang.

Hal ini dilakukan supaya pengunjung Malioboro pada Lebaran nanti punya akses yang layak. "Ya, kalau dibilang nyaman, ya belum nyaman sekali. Paling tidak pengunjung cukup leluasa lah jalan-jalan di Malioboro," tambahnya.