Bikin Heboh, Gali Tanah, Warga Ngaglik Temukan Kadal Ular

Seekor kadal ular yang ditemukan Hendriyanto Wiprantoko, Minggu (10/6). Istimewa - JIBI
10 Juni 2018 20:15 WIB Irwan A Syambudi Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN —Seorang warga di Dusun Rejodani, Desa Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, kaget saat sedang menggali saluran air. Ia melihat seekor hewan mirip cacing namun memiliki empat kaki. "Kemarin saat menggali tanah untuk saluran air menemukan hewan ini. Saya kira cacing tapi pas tak lihat-lihat pas lari kok ada kakinya," kata Hendriyanto Wiprantoko, saat ditemui wartawan, Minggu (10/6/2018).

Merasa apa yang dilihat merupakan hal aneh, ia kemudian berusaha menangkap hewan tersebut. Setelah tertangkap, hewan yang memiliki panjang sekitar 15 sentimeter dan berwarna cokelat itu kemudian dimasukkan ke dalam toples. "Awalnya sempat kaget, melihat ada hewan seperti cacing kok larinya cepat sekali. Karena penasaran hewan itu kemudian saya tangkap," ujarnya.

Lantaran penasaran dengan hewan aneh tersebut, Hendriyanto kemudian mencoba mencari tahu melalui sejumlah artikel di internet. Dari artikel tersebut belakangan ia tahu bahwa hewan yang ditemukannya merupakan jenis kadal ular atau disebut peliang.

Kadal ular diketahui memiliki nama latin Lygosoma quardupes. Hewan ini ternyata sangat jarang bisa dijumpai manusia karena habitat hidup yang berada di daerah serasah atau lapisan tanah bagian atas. Hewan jenis ini sebenarnya banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara dan berkembang biak dengan cara bertelur layaknya reptilia pada umumnya. Kini binatang yang unik tersebut masih berada di rumah Hendriyanto untuk kemudian dipelihara. “Saya dari dulu memang penyuka reptil jadi mau dipelihara saja,” ujarnya.